Comscore Tracker

Marching Band Difabel Meriahkan HUT ke-77 RI di Kemensos

Kemensos perjuangkan pengentasan kemiskinan

Jakarta, IDN Times - Kementerian Sosial (Kemensos) menggelar upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 RI di kantor Kemensos, Jalan Salemba Raya 28, Jakarta. Upacara tersebut terasa spesial dengan penampilan marching band yang beranggotakan para penyandang difabel. 

Sekretaris Jenderal Kemensos, Harry Hikmat, didapuk sebagai Inspektur Upacara mewakili Menteri Sosial, Tri Rismaharini. Risma saat ini tengah menghadiri dialog konstruktif Konvensi Hak-Hak Penyandang Difabel atau dikenal sebagai Committee on the Rights of Persons with Disabilities (CRPD) di Jenewa, Swiss.

“HUT ke-77 sangat penting karena sudah dua tahun kita berada dalam situasi yang mencekam dan mengkhawatirkan. Hari ini atas seizin pemerintah, kita bisa melakukan aktivitas kebersamaan dengan tetap menjaga protokol kesehatan,” kata Harry Hikmat di hadapan wartawan. 

Baca Juga: Rayakan HUT ke-77 RI, Iriana Jokowi Pakai Baju Adat Buton 

1. Kemensos perjuangkan pengentasan kemiskinan

Marching Band Difabel Meriahkan HUT ke-77 RI di KemensosKemensos Meriahkan HUT ke-77 RI Diiringi Marching Band Disabilitas. (dok. Kemensos)

Harry berpesan, perayaan kemerdekaan kali ini agar menjadi refleksi bersama dan menyadari perjuangan untuk meraih kemerdekaan yang tidak mudah.

"Jadi, kita isi kemerdekaan dengan berjuang. Kementerian Sosial terus berjuang mengentaskan kemiskinan," katanya.

Baca Juga: Kepala Badan Otorita Pimpin Upacara HUT RI ke 77 di IKN Nusantara

2. Disnet band beranggotakan penyandang disabilitas

Marching Band Difabel Meriahkan HUT ke-77 RI di KemensosKemensos Meriahkan HUT ke-77 RI Diiringi Marching Band Disabilitas. (dok. Kemensos)

Iringan marching band yang beranggotakan para penyandang difabel, Disnet Band dari Sentra Terpadu Pangudi Luhur Bekasi membuat suasana upacara semakin khidmat. 

Harry mengatakan, meskipun memiliki keterbatasan, tetapi hal itu tidak menghalangi mereka untuk terus berkarya.

“Hal ini sejalan dengan misi pemerintah untuk memperjuangkan hak-hak penyandang difabel sama seperti para pahlawan kita perjuangkan kemerdekaan,” katanya.

Baca Juga: 18 Hari Ubah Nasib, Kisah Buruh Bangunan Difabel Asal Boyolali

3. Lomba menggunakan baju adat

Marching Band Difabel Meriahkan HUT ke-77 RI di KemensosKemensos Meriahkan HUT ke-77 RI Diiringi Marching Band Disabilitas. (dok. Kemensos)

Selain itu, Kemensos juga menyelenggarakan berbagai perlombaan untuk memeriahkan HUT ke-77 RI. Salah satunya adalah lomba peragaan busana adat nusantara yang diikuti oleh pegawai dari seluruh unit kerja Kemensos.

“Biasanya upacara pakai baju adat saja, habis upacara bubar. Kami buat sesuatu yang berbeda tahun ini. Teman-teman juga sudah berusaha secantik dan seganteng mungkin menggunakan baju adat sehingga kami berikan penghargaan semacam Social Work Fashion Show,” ucap Harry.

Baca Juga: Raja-Raja Nusantara Ikuti Kirab Budaya HUT ke-77 RI  

Topic:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya