Comscore Tracker

Masyarakat Antusias Anak Usia di Bawah 12 Tahun Diizinkan ke TMII 

Aturan sudah berlaku selama satu minggu

Jakarta, IDN Times - Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Cipayung, Jakarta Timur sudah mulai dibuka untuk anak usia di bawah 12 rekreasi Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta Timur. Aturan itu berlaku mulai Rabu 20 Oktober 2021 kemarin.

Sejumlah wahana sudah dibuka yakni kereta gantung, taman burung, taman reptilia, dan taman legenda Keong Mas. Dengan masa jam operasional dari pukul 06.00 WIB sampai 18.00 WIB.

Sementara untuk wahana indoor seperti anjungan hanya diperbolehkan sampai di halaman depan. 

Pantauan IDN Times pada Rabu (27/10/2021), dari sekian wahana outdoor yang dibuka nampak pengunjung membawa anak-anak mendatangi taman legenda Keong Mas. Senyum dan tawa mereka terdengar bahagia saat menikmati sejumlah permainan.

Baca Juga: Ganjil Genap Berlaku di TMII, Banyak Kendaraan Kecele Diputar Balik

1. Pengunjung senang TMII dibika untuk anak

Masyarakat Antusias Anak Usia di Bawah 12 Tahun Diizinkan ke TMII Pengunjung berjalan di depan taman legenda di TMII, Jakarta, Rabu (7/4/2021). Pemerintah melalui Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg) mengambil alih pengelolaan Taman Mini Indonesia Indah (TMII) dari Yayasan Harapan Kita. (ANTARA FOTO/Asprilla Dwi Adha)

Satu diantara pengunjung yang datang adalah Widiya. Dia mengaku senang mendengar kabar dibukanya wahana di TMII untuk anaknya.

"Alhamdulillah senang sih, karena hampir dua tahun, anak-anak tidak bisa masuk ke TMII," ungkap Nissa di lokasi.

Baca Juga: Sah! BUMN Pengelola Borobudur Ini Bakal Urus TMII Selama 25 Tahun

2. Tidak semua wahana buka

Masyarakat Antusias Anak Usia di Bawah 12 Tahun Diizinkan ke TMII Suasana Taman Mini Indonesia Indah (TMII) pada Rabu (27/10/2021). (IDN Times/Dini Suciatiningrum)

Senada, pengunjung lainnya, Andita juga merasa senang tempat wisata akhirnya dibuka untuk anak. Dia menerangkan sebelum pandemik melanda dia sering membawa dua anaknya berkunjung di TMII. Selain rekreasi bersama keluarga juga bisa memberikan edukasi sejak dini pada anak-anaknya.

"Sini banyak wahana edukasi seperti zaman burung, taman reptil, Skyworld juga rekreasi seperti taman legenda, tapi sayang Istana boneka masih tutup," ujarnya.

3. Fotografer mendapat berkah

Masyarakat Antusias Anak Usia di Bawah 12 Tahun Diizinkan ke TMII Suasana Taman Mini Indonesia Indah (TMII) pada Rabu (27/10/2021). (IDN Times/Dini Suciatiningrum)

Dibukanya TMII untuk anak di bawah 12 tahun jadi berkah bagi fotografer lepas Dedy Efendi dan dua temanya. Sudah satu minggu, dia kembali membidik lensa anak-anak yang datang.

"Senang akhirnya anak-anak boleh masuk, sebelumya susah kita cari obyek, memang hari ini gak seramai weekend kemarin, tapi moga Sabtu-Minggu mendatang ramai lagi," imbuhnya.

4. Anak-anak di bawah 12 tahun boleh kunjungi tempat wisata

Masyarakat Antusias Anak Usia di Bawah 12 Tahun Diizinkan ke TMII Suasana Taman Mini Indonesia Indah (TMII) saat hari pertama lebaran 2021 (IDN Times/Reynaldi Wiranata)

Sebelumya, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan kini mengizinkan anak-anak berusia di bawah 12 tahun memasuki tempat wisata, dengan sejumlah syarat dan ketentuan.

Hal ini tertuang dalam Keputusan Gubernur (Kepgub) DKI Jakarta Nomor 1245 Tahun 2021. DKI Jakarta kini sudah berada di level 2 Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) dari sebelumnya di level 3.

"Anak dengan usia di bawah 12 tahun diperbolehkan memasuki tempat wisata yang sudah menggunakan aplikasi PeduliLindungi, dengan syarat didampingi orang tua," ujar Anies dalam salinan Kepgub yang diterima IDN Times, Rabu (20/10/2021).

Dalam Kepgub juga dijelaskan ada penerapan ganjil-genap di sepanjang jalan menuju dan dari lokasi tempat wisata mulai Jumat pukul 12.00 WIB hingga Minggu pukul 18.00 WIB.

Fasilitas umum seperti area publik, taman umum, hingga tempat wisata diperkenankan buka dengan beberapa ketentuan lainnya, yakni hanya bisa buka hingga pukul 21.00 WIB.

Baca Juga: GBK hingga TMII Dibuka untuk Olahraga, Ini Syaratnya!

Topic:

  • Hana Adi Perdana

Berita Terkini Lainnya