Mendagri Tito Karnavian dan Istrinya Negatif Virus Corona

Mendagri dan para menteri jalani tes corona atau COVID-19

Jakarta, IDN Times - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian dan istrinya Tri Suswati, dinyatakan negatif atau tidak terkena infeksi virus corona setelah menjalani tes virus corona atau COVID-19 di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto, pada Minggu (15/3).

Staf Khusus Mendagri Kastorius Sinaga, mengatakan dalam siaran tertulis bahwa sesuai instruksi dari Presiden Jokowi, semua menteri/kepala lembaga negara menjalani tes atau pemeriksaan infeksi COVID-19.

"Bersama-sama dengan para menteri lainnya, Bapak Mendagri Tito dan istri telah melakukan tes kemarin Minggu, 15 maret 2020, jam 14:30 di RSPAD Gatot Subroto," ujarnya, Senin (16/3).

1. Tito Karnavian jalani tiga pemeriksaan

Mendagri Tito Karnavian dan Istrinya Negatif Virus CoronaIDN Times/Gregorius Aryodamar P

Kastorius menerangkan ada pun cakupan test COVID-19 di sangat intensif meliputi pertama pemeriksaan laboratorium atas sampel darah, dan kedua pemeriksaan paru-paru lewat rontgen X-Ray, kemudian yang ketiga 3 yakni pemeriksaan laboratorium swap (cairan) tenggorokan dan hidung.

"Dari hasil tes tersebut di atas, khususnya nomor 1 dan 2 yaitu tes pemeriksaan atas darah dan pemeriksaan rontgen X-Ray atas paru-paru, menunjukkan bahwa Mendagri Tito dan ibu Tri Suswati Karnavian negatif atau sama sekali tidak terkena infeksi virus corona," paparnya.

Baca Juga: Ini Deretan Menteri Kabinet Jokowi yang Sudah Lakukan Tes Virus Corona

2. Hasil pemeriksaan swap belum keluar

Mendagri Tito Karnavian dan Istrinya Negatif Virus Corona(IDN Times/Muhamad Iqbal)

Kendati demikian, Kastorius mengatakan pihaknya juga masih menunggu hasil pemeriksaan laboratorium swap (cairan) tenggorokan dan hidung (no 3).

"Sesuai protokol medis laboratorium, hasil pemeriksaan atas sample swap tenggorokan ini baru bisa diketahui setelah 2 hingga 3 hari kerja sejak saat pengambilan sample," imbuhnya.

3. Mendagri dan istri saat ini sehat walafiat

Mendagri Tito Karnavian dan Istrinya Negatif Virus CoronaMendagri M. Tito Karnavian saat launching Mesin ADM di Grand City Convex, Surabaya, Jumat (31/1). IDN Times/Fitria Madia

Saat ini Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian dan istri Tri Suswati dalam keadaan sehat walafiat dan menjalankan kegiatan yang sudah terjadwal di hari ini.

"Seperti kebiasaan mereka berdua di setiap hari, pagi hari ini, Bapak Mendagri Tito dan Ibu Tri melakukan olahraga pagi (jogging) dengan harapan agar masyarakat rajin berolah raga untuk menjaga kesehatan dan sebagai salah satu cara efektif mencegah serangan virus corona," ujarnya.

Baca Juga: [BREAKING] Mendagri: Cegah COVID-19, Perjalanan Kerja ASN Ditunda

Topik:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya