Menikah Usia 16 Tahun, Selebgram Ini Tuai Kontroversi

Pernikahan mereka dianggap promosi

Jakarta, IDN Times - Pasangan selebgram Muhammad Adhiguna Sosiawan dan Sabrina Salsabila tengah menjadi sorotan warganet. Sebab, mereka dianggap mempromosikan dan meromantisasi pernikahan usia dini di media sosial.

Konten YouTube yang menceritakan pernikahan mereka saat Sabrina berusia 16 tahun menuai kecaman, sebab saat ini pemerintah gencar menekan angka perkawinan di bawah umur.

1. Silakan tonton tapi jangan diikuti

Menikah Usia 16 Tahun, Selebgram Ini Tuai Kontroversiinstagram.com/adhigunasosiawan

Berbagai komentar pedas dituliskan warganet di kolom komentar saluran YouTube milik @Adhiguna dan Sabrina, yang diunggah dua minggu lalu.

Akun Ukhty Rama menulis "Negara lewat BKKBN dan praktisi lainnya berkoar-koar buat gak nikah dini, ini masih anak dinikahin. Astaga tolong ya," tulis dia di kolom komentar.

Kemudian, akun @themalyne meminta agar publik tidak mengikuti langkah mereka. Themalyne menulis "Guys, please kalau kalian nonton ini jangan diikutin ya. Karena pernikahan usia belia itu beneran gak baik. Kalian paham kenapa hukum pernikahan di Indonesia di buat? Karena emang sangat tidak baik untuk menikah di bawah umur," tulis dia.

"Bahkan, umur pernikahan di Indonesia 19 tahun aja masih muda dan sedang diperjuangkan agar batasan umur sedikit ditambah.
Pernikahan muda tidak baik untuk kesehatan fisik dan mental kan. Please tonton saja jangan diikuti. Bukan membenci tapi cuma mau kasih infornasi untuk teman-teman yang masih sangat muda," Themalyne menambahkan.

Baca Juga: Menyibak Persoalan di Balik Meningkatnya KDRT selama Pandemi COVID-19

2. Usia Sabrina Salsabila masih 16 tahun saat menikah

Menikah Usia 16 Tahun, Selebgram Ini Tuai Kontroversiinstagram.com/adhigunasosiawan

Pernikahan mereka sebenarnya berlangsung pada 26 Agustus 2019. Saat itu, usia Sabrina Salsabila masih 16 tahun, sedangkan Adhiguna Sosiawan berusia 25 tahun.

Saat itu, memang Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1974 tentang Perkawinan belum direvisi, sehingga batas usia perempuan boleh menikah setelah 16 tahun, sedangkan laki-laki setelah 19 tahun.

Namun, setelah undang-undang tersebut direevisi pada 16 September 2019, batas usia menikah sekarang harus sudah 19 tahun.

3. Presenter Feni Rose ikut menyinggung pernikahan dini

Menikah Usia 16 Tahun, Selebgram Ini Tuai KontroversiInstagram.com/fenirose

Pernikahan Sabrina dan Adhiguna viral, tatkala mereka mengunggah video berisi perjalanan cinta dan momen pernikahan di YouTube.

Bahkan, presenter Feni Rose juga menyinggung pernikahan usia dini tersebut. Dia membuat beberapa unggahan dalam Instastory di akun Instagram miliknya.

"Tapi, 16 tahun? Udah nikah? Di jaman skrng? Di kota jekardah? 16 tahun tuh... bukannya baru aja dr 15 tahun ya? Alias baru lulus SMP?" tulis Fenirose.

Baca Juga: KDRT Marak Selama Wabah COVID-19, Ini Respons Komnas Perempuan

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya