Comscore Tracker

Menkes: 100 Ribu Tenaga Kesehatan Batal Divaksinasi COVID-19

"Kita masih punya waktu sampai akhir bulan ini."

Jakarta, IDN times - Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan saat ini 900 ribu dari target 1,5 juta tenaga kesehatan sudah mendapatkan vaksinasi COVID-19. Dari jumlah tersebut ada lebih 100 ribu tenaga kesehatan batal menerima vaksinasi COVID-19.

"Kami melihat lebih dari 100 ribu (tenaga kesehatan) ternyata batal disuntik, karena mereka jadi penyintas covid, selain itu sebagian besar banyak darah tinggi saat divaksinasi," kata Budi secara daring, Minggu (7/2/2021)

1. Tenaga kesehatan lansia akan divaksinasi

Menkes: 100 Ribu Tenaga Kesehatan Batal Divaksinasi COVID-19ilustrasi tenaga kesehatan. ANTARA FOTO/Fauzan

Budi menambahkan, selain faktor kesehatan, juga banyak tenaga kesehatan berusia di atas 60 tahun, sehingga tidak bisa divaksinasi.

Budi bersyukur Badan POM telah mengeluarkan emergency use authorization (EUA) untuk vaksin Sinovac bagi lansia, sehingga tenaga kesehatan lansia bisa segera divaksinasi.

"Kita sudah mengkomunikasikan dengan teman-teman Kemenkes di lapangan, besok pukul 09.00 WIB akan dilakukan vaksinasi dengan prioritas pertama adalah tenaga kesehatan di atas 60 tahun, ini kabar baik," ujar Budi.

Baca Juga: BPOM Resmi Izinkan Vaksinasi Sinovac untuk Lansia di Atas 60 Tahun

2. Tenaga medis lansia lebih rentan terpapar COVID-19

Menkes: 100 Ribu Tenaga Kesehatan Batal Divaksinasi COVID-19Petugas kesehatan menyuntikan vaksin COVID-19. ANTARA FOTO/Jojon

Budi mengatakan tenaga medis lansia lebih rentan terpapar COVID-19. Selain itu vaksinasi bagi tenaga medis lansia akan mengurangi tekanan rumah sakit.

"Kalau di luar negeri tahapan penyuntikan setelah tenaga kesehatan adalah orang tua karena memang resikonya tinggi, bahkan ada yang vaksinasinya berbarengan dengan tenaga kesehatan," imbuhnya.

3. Budi yakin vaksinasi tenaga kesehatan rampung akhir Februari

Menkes: 100 Ribu Tenaga Kesehatan Batal Divaksinasi COVID-19Petugas medis menyuntikan vaksin COVID-19 ke seorang dokter di RS Siloam TB Simatupang, Jakarta, Kamis (14/1/2021). Program vaksinasi COVID-19 tahap pertama kepada tenaga kesehatan mulai dilakukan di berbagai daerah di Indonesia (ANTARA FOTO/Wahyu Putro A)

Budi yakin target vaksinasi 1,5 juta tenaga kesehatan akan rampung di akhir Februari. Sebab selama empat minggu vaksinasi sudah capai 900 ribu tenaga kesehatan

"Kita masih punya waktu sampai akhir bulan ini untuk menyelesaikan semuanya, melihat kecepatan kita melakukan vaksinasi, harusnya bisa dicapai dari tenaga kesehatan ini," ujarnya.

Baca Juga: [BREAKING] Kemenkes Mulai Vaksinasi COVID-19 untuk Lansia Besok

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya