Menkes: Istana Taman Sari Inspirasi  Pembentukan Kesehatan Global

Pertemuan G20 bahas penguatan arsitektur kesehatan global

Jakarta, IDN Times - Menteri Kesehatan RI, Budi Gunadi Sadikin, membuka pertemuan menteri kesehatan negara anggota G20 pertama yang membahas Penguatan Arsitektur Kesehatan Global, di Yogyakarta, Senin (20/6/2022).

Tidak jauh tempat pertemuan, di sekitar keraton, terdapat Istana Air Taman Sari di bekas taman kerajaan yang sudah ada dari abad ke-18.

Budi mengatakan sejarah Taman Sari menjadi inspirasi dalam pembentukan sistem kesehatan global.

“Sejarah dan filosofi Taman Sari menginspirasi kami, para pemimpin kesehatan global untuk membangun sistem kesehatan global yang tangguh pada saat masa krisis dan siaga dalam masa normal,” katanya dalam siaran tertulis dilansir dari Kemenkes.

Baca Juga: Puji Bos WHO Pakai Batik Sawunggaling, Menkes: Terlihat Lebih Muda

1. Taman Sari berfungsi benteng kerajaan

Menkes: Istana Taman Sari Inspirasi  Pembentukan Kesehatan Globalid.m.wikipedia.org

Dalam sejarahnya, Taman Sari dibangun sebagai taman kompleks untuk sultan bekerja, bermeditasi, dan beristirahat.

Taman Sari juga berfungsi sebagai benteng bagi keluarga kerajaan untuk bersembunyi, mengasingkan diri, dan untuk membela diri selama masa krisis.

Baca Juga: Jokowi Tak Pakai Masker Saat Sambut Presiden Jerman, Ini Kata Menkes 

2. Taman Sari untuk mengantisipasi krisis di masa depan

Menkes: Istana Taman Sari Inspirasi  Pembentukan Kesehatan GlobalMenteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin membuka pertemuan menteri kesehatan negara anggota G20 pertama di Yogyakarta pada Senin (20/6/2022). (youtube.com/Kementerian Kesehatan RI)

Taman Sari dibangun pada waktu normal, tidak hanya untuk digunakan sehari-hari, tetapi juga untuk mengantisipasi krisis di masa depan.

“Saat kita menantikan dunia di mana pandemik telah mereda, kita harus memanfaatkannya untuk membangun sistem kesehatan global yang lebih tangguh, tidak hanya untuk hari ini tetapi juga untuk tantangan hari esok. Sebaiknya siapkan payung sebelum hujan,” ucap Menkes.

3. Tiga agenda kesehatan global dalam G20

Menkes: Istana Taman Sari Inspirasi  Pembentukan Kesehatan GlobalIlustrasi G20 (g20-indonesia.id)

Negara-negara anggota G20, lanjutnya, telah membuat langkah besar untuk memperkuat arsitektur kesehatan global, untuk lebih mempersiapkan diri menghadapi ancaman kesehatan di masa depan.

Tahun ini, telah dibahas tiga agenda kesehatan global dengan lima pembahasan antara lain, memperkuat ketahanan sistem kesehatan global mulai ketersediaan sumber daya keuangan untuk pandemik pencegahan, kesiapsiagaan, dan penanggulangan.

Kemudian akses ke tindakan medis darurat, dan membangun jaringan global pengawasan genomik laboratorium dan memperkuat mekanisme berbagi data tepercaya.

Topik:

  • Rendra Saputra

Berita Terkini Lainnya