Menkes Terawan Pastikan 1,2 juta Vaksin Sinovac Aman, Lolos Uji Klinis

Vaksin Sinovac menunggu izin EUA BPOM

Jakarta, IDN Times - Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto memastikan pemerintah hanya menyediakan vaksin yang terbukti aman dan lolos uji klinis sesuai dengan rekomendasi dari Badan Kesehatan Dunia (WHO).

Terawan mengatakan sebanyak 1,2 juta dosis vaksin COVID-19 telah tiba di Indonesia pada Minggu (6/12/2020) yang merupakan bagian pengadaan tahap pertama.

"Vaksin tersebut sejenis SARS-CoV-2 yang diinaktivasi dan selanjutnya vaksin akan segera dilakukan persetujuan persetujuan untuk penggunaan Emergency Use Authorization (EUA) oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan," ujarnya dipantau dalam YouTube Kemkominfo TV, Senin (7/11/2020).

1. Pemeriksaan fisik vaksin dilakukan dengan teliti dan cermat

Menkes Terawan Pastikan 1,2 juta Vaksin Sinovac Aman, Lolos Uji KlinisVaksin Sinovac (Dok. Biro Pers Kepresidenan)

Terawan menegaskan pemeriksaan kualitas vaksin termasuk pengisian dokumen vaksin arrival report dilakukan dengan lengkap dan benar sesuai dengan hasil pemeriksaan fisik vaksin.

"Pemeriksaan fisik barang harus dilakukan dengan teliti dan cermat, sehingga kita yakin bahwa status vaksin yang diterima dalam kondisi baik, tidak ada kemasan atau isi yang rusak selama perjalanan," terangnya.

Baca Juga: Pemerintah Tunjuk Lima Jubir Vaksin COVID-19, Siapa Saja?

2. Monitoring suhu selama perjalanan

Menkes Terawan Pastikan 1,2 juta Vaksin Sinovac Aman, Lolos Uji KlinisVaksin Sinovac (Dok. Biro Pers Kepresidenan)

Jika nanti ditemukan ada vaksin yang rusak, lanjut Terawan, sesuai prosedur segera disampaikan ke penyedia vaksin dengan melampirkan vaksin reportnya.

Selain itu, Biofarma telah memastikan kendaraan pendingin dalam kondisi baik, sehingga monitoring suhu dalam perjalanan dari bandara sampai ke gudang vaksin dapat terjaga.

"Termasuk gudang vaksin yang telah disiapkan dengan kapasitas yang dapat menampung vaksin sesuai dengan standar prosedur operasional manajemen," katanya.

3. 1,2 juta vaksin Sinovac dalam bentuk jadi tiba di Indonesia

Menkes Terawan Pastikan 1,2 juta Vaksin Sinovac Aman, Lolos Uji KlinisVaksin Sinovac (Dok. Biro Pers Kepresidenan)

Sebelumnya, sebanyak 1,2 juta vaksin Sinovac dalam bentuk jadi tiba di Indonesia. Vaksin ini tiba kisaran pukul 21.30 WIB di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten.

Presiden Joko "Jokowi" Widodo mengungkapkan pemerintah masih akan mengupayakan tambahan vaksin untuk dapat mencukupi kebutuhan masyarakat Indonesia.

"Kita juga masih mengupayakan 1,8 juta dosis vaksin yang akan tiba di awal Januari 2021," ujar Jokowi.

4. Vaksin yang tiba ini merupakan vaksin yang sudah diuji klinis

Menkes Terawan Pastikan 1,2 juta Vaksin Sinovac Aman, Lolos Uji KlinisVaksin Sinovac (Dok. Biro Pers Kepresidenan)

Dilansir laman kemkes.go.id. vaksin yang tiba ini merupakan vaksin yang sudah diuji klinis di beberapa tempat. Termasuk di Bandung yang sudah dimulai sejak bulan Agustus 2020.

Vaksin selanjutnya juga akan menyusul tiba di RI sebanyak 1,8 juta dosis pada awal Januari 2021 dalam bentuk jadi. Selain itu juga akan tiba 45 juta dosis bahan baku curah untuk pembuatan vaksin COVID-19. Sebanyak 45 juta dosis itu akan tiba dalam dua gelombang.

Gelombang pertama sebanyak 15 juta dosis dan gelombang kedua 30 juta dosis.

Pemerintah melalui Satuan Tugas Penanganan COVID-19, menggelar kampanye 3 M : Gunakan Masker, Menghindari Kerumunan atau jaga jarak fisik dan rajin Mencuci tangan dengan air sabun yang mengalir. Jika protokol kesehatan ini dilakukan dengan disiplin, diharapkan dapat memutus mata rantai penularan virus. Menjalankan gaya hidup 3 M, akan melindungi diri sendiri dan orang di sekitar kita. Ikuti informasi penting dan terkini soal COVID-19 di situs covid19.go.id dan IDN Times.

 

Baca Juga: Setelah Sinovac Tiba, Indonesia  Tunggu Vaksin COVID-19 dari Covax

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya