Comscore Tracker

Menkes: Vaksin Moderna untuk Masyarakat dan Booster Nakes

Indonesia sudah menerima vaksin Moderna dari AS

Jakarta, IDN Times - Sebanyak tiga juta lebih dosis vaksin Moderna Amerika Serikat tiba di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Jawa Barat, Minggu (11/7/2021).

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan, Amerika akan mengirimkan secara bertahap vaksin Moderna sebanyak 4,5 juta dosis.

"Rencananya, vaksin ini selain kami gunakan untuk suntikan pertama dan kedua bagi rakyat Indonesia, khusus akan kami gunakan untuk booster-booster atau suntikan ketiga bagi tenaga kesehatan," katanya dalam konferensi pers virtual, Minggu. (11/7/2021).

Baca Juga: Hore! 3 Juta Lebih Dosis Vaksin Moderna Tiba di Indonesia 

1. Vaksin Moderna sudah terbukti cukup ampuh lawan COVID-19

Menkes: Vaksin Moderna untuk Masyarakat dan Booster NakesVaksinasi COVID-19 perdana di Balai Kota DKI Jakarta, Jumat (15/1/2021) (Instagram/Anies Baswedan)

Dengan datangnya vaksin Moderna itu, maka Indonesia hingga saat ini telah mengamankan 122.735.260 dosis vaksin, baik berupa vaksin curah maupun vaksin jadi, yang meliputi vaksin Sinovac, vaksin AstraZeneca, vaksin Shinopharm, dan vaksin Moderna.

Budi menerangkan, vaksin Moderna memiliki efikasi tinggi dan sudah terbukti cukup ampuh serta sudah digunakan di Amerika Serikat untuk bisa menekan laju penularan COVID-19.

"Datangnya vaksin Moderna yang merupakan bantuan dari rakyat dan pemerintah Amerika yang memang terbukti secara teknis memiliki efikasi yang tinggi memiliki kemampuan perlindungan yang tinggi amat sangat membantu para tenaga kesehatan Indonesia untuk menghadapi gelombang kedua," katanya

Baca Juga: Vaksinasi Dosis Ketiga Nakes Mulai Pekan Depan, Pakai Moderna

2. BPOM keluarkan EUA vaksin moderna

Menkes: Vaksin Moderna untuk Masyarakat dan Booster NakesIDN Times/Helmi Shemi

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi Rini menyampaikan, pengiriman vaksin Moderna hari ini merupakan tahap pertama. Amerika telah berkomitmen akan memberikan vaksin secara bertahap.

"Sesuai komunikasi kami dengan rekan kolega di Amerika, Amerika berkomitmen memberikan dosis sharing vaksin ke Indonesia 4,5 juta dosis," ungkap Retno.

Retno menambahkan BPOM telah menerbitkan izin penggunaan darurat atau emergency use of authorization (UEA) vaksin Moderna pada 2 Juli 2021.

3. Indonesia dapat banyak tawaran vaksin

Menkes: Vaksin Moderna untuk Masyarakat dan Booster NakesVaksin Astrazeneca ( ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal)

Retno mengatakan pemerintah Indonesia mendapatkan banyak tawaran vaksin dari negara sahabat seperti Jepang Belanda, Inggris, dan Uni Emirat Arab (UEA).

"Jutaan vaksin dari komersial dan dukungan multilateral akan tiba Juli. Pemerintah akan terus bekerja keras untuk memastikan ketersediaan vaksin untuk masyarakat," imbuh Retno.

Topic:

  • Hana Adi Perdana

Berita Terkini Lainnya