Comscore Tracker

Millen Cyrus Ditahan di Sel Laki-laki, Begini Reaksi Aktivis Transpuan

Aparat kepolisian harusnya berikan jaminan keamanan

Jakarta, IDN Times - Selebgram, Millen Cyrus, ditetapkan sebagai tersangka kasus narkoba, dan kini ditempatkan di sel laki-laki meski dia seorang transpuan. Karena di KTP, dia berstatus laki-laki.

Seorang transpuan yang juga aktivis, Kanzha Vina menanggapi hal itu. Kepada IDN Times, Khanza menceritakan pengalaman teman-teman transpuan yang pernah mengecap kerasnya jeruji penjara laki-laki.

"Dari pengalaman teman-teman setelah keluar mereka memang mendapatkan pengalaman tidak mengenakkan saat ditempatkan di sel laki-laki, kekerasan dan pelecehan dialami, bahkan sampai trauma. Bayangin aja yang terjadi kita susah ngomongnya ya," ujarnya saat dihubungi, Selasa (24/11/2020).

Baca Juga: [BREAKING] Jadi Tersangka, Millen Cyrus Ditempatkan di Sel Laki-laki

1. Kasus Millen Cyrus beda penanganan dengan LL karena identitas

Millen Cyrus Ditahan di Sel Laki-laki, Begini Reaksi Aktivis TranspuanSelebgram Millen Cyrus saat mengikuti jumpa pers terkait kasus dugaan penyalahgunaan narkoba yang menjeratnya di Polres Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, Senin (23/11/2020) (ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto)

Mengacu kasus Millen Cyrus, Khanza menganggap wajar jika ditempatkan di sel laki-laki, sebab secara identitas belum melakukan transisi, berbeda dengan LL. Meski demikian, dia mengaku khawatir akan banyak pelanggaran Hak Asasi Manusia (HAM) yang dialami Millen dalam tahanan.

"Kita melihat ML (Millen) yang rentan dan lemah masuk dalam sel laki-laki, ini berpotensi timbulnya kekerasan," ucapnya.

2. Kekerasan verbal kerap dialami

Millen Cyrus Ditahan di Sel Laki-laki, Begini Reaksi Aktivis TranspuanKomunitas waria diajak untuk menulis dan berinteraksi dengan publik, Yogyakarta, 22 Januari 2020. IDN Times/Pito Agustin Rudiana

Khanza juga menyesalkan respons dari netizen yang sebagian besar membully Millen. Fakta ini, menurut dia, kaum transgender dan lesbian, gay, biseksual, dan transgender (LGBT) memang kerap mendapatkan kekerasan verbal.

"Ini mengingatkan kembali teman-teman dalam sel, kekerasan verbal itu pasti akan terjadi kok pelecehan yang lain juga," ucap dia.

3. Aparat penegak hukum bisa menjamin rasa aman kaum transpuan

Millen Cyrus Ditahan di Sel Laki-laki, Begini Reaksi Aktivis TranspuanIlustrasi Penjara (IDN Times/Mardya Shakti)

Terlepas dari kasus yang menimpa ML, Khanza berharap, aparat penegak hukum bisa menjamin rasa aman kaum transpuan dan LGBT saat ditempatkan sel laki-laki.

"Pihak kepolisian bisa mengurangi potensi risiko kekerasan, hal yang harus dipertimbangkan saat menempatkan transpuan yang secara identitas belum melakukan transisi," ucapnya.

4. Selebgram Millen Cyrus ditetapkan tersangka dan ditempatkan di sel laki-laki

Millen Cyrus Ditahan di Sel Laki-laki, Begini Reaksi Aktivis TranspuanSelebgram Millen Cyrus meninggalkan ruangan seusai mengikuti jumpa pers terkait kasus dugaan penyalahgunaan narkoba yang menjeratnya di Polres Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, Senin (23/11/2020) (ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto)

Sebelumnya, keponakan artis Ashanty sekaligus selebgram, Millen Cyrus, ditetapkan sebagai tersangka kasus narkoba. Ia terlibat kasus dugaan kepemilikan narkoba jenis sabu. Hal itu disampaikan Kapolres Pelabuhan Tanjung Priok AKBP Ahrie Sonta.

"Kalau Millen kita sudah tetapkan tersangka, sudah. Karena dia kan positif dan barang buktinya ada pada dia," kata Ahrie kepada awak media, Senin (23/11/2020).

Setelah sebagai tersangka, Millen ditempatkan di sel laki-laki. “Iya, di KTP beliau (Milen) laki-laki,” ujar Ahrie.

Baca Juga: Ini 6 Fakta Kasus Narkoba yang Menjerat Millen Cyrus

Topic:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya