Comscore Tracker

Mudik 2019: Lonjakan Penumpang Terjadi di Bandara Halim Perdanakusuma

Rabu malam jumlah penumpang 19.924 orang

Jakarta, IDN Times - Lonjakan penumpang pesawat terjadi di Bandara Halim Perdanakusuma Jakarta meski harga tiket pesawat semakin mencekik.

Dilansir dari Antara, pengelola Bandara Halim Perdanakusuma mengatakan lonjakan jumlah penumpang sudah terjadi di bandara tersebut sejak Rabu (29/5) malam.

"Semalam jumlah penumpang mencapai 19.924 orang. Biasanya penumpang hanya berkisar antara 12.000-an orang," kata Executive General Manager Angkasa Pura II cabang Bandara Halim Perdanakusuma Marsekal Pertama Pip Darmanto di Halim Perdana Kusuma, Jakarta Timur, Kamis (30/5).

Menurut Darmanto, peningkatan ini terkait dengan cuti bersama Lebaran yang diberikan pemerintah yakni pada 3-7 Juni, sehingga sebagian pemudik memilih untuk berangkat terlebih dahulu.

Namun, angka tersebut merupakan penurunan dibanding hari pertama musim mudik tahun lalu.

Menurut perwira TNI AU ini, terdapat penurunan sebesar 0,3 persen yang disebabkan karena harga tiket pesawat yang naik dan keberadaan jalan-jalan tol baru.

Bandara Halim juga menambah penerbangan pada musim mudik sebanyak 13 penerbangan. Untuk penerbangan reguler sendiri tercatat terdiri dari 156 penerbangan.

"Batik (Air) ada enam flight, Citilink empat flight, dan Susi (Air) tiga flight," tutur pria yang akrab disapa Pak Pip ini.

Untuk persiapan pengamanan menjelang musim mudik dan arus balik, Darmanto menuturkan bahwa pihaknya menambah personel militer dari Landasan Udara (Lanud) Halim, ditambah anggota-anggota reguler Aviation Security (Avsec).

Baca Juga: Mudik dari Stasiun Pasar Senen, Tiket Dibeli Tiga Bulan Sebelumnya

Topic:

  • Dwi Agustiar

Just For You