Muncul PDSI, Organisasi Profesi Medis Minta Anggota Solid pada IDI

PDSI muncul setelah Terawan dipecat dari IDI

Jakarta, IDN Times - Seluruh Organisasi Profesi Medis yang berada di bawah naungan Ikatan Dokter Indonesia (IDI) menyerukan dukungannya untuk tetap solid dan Bersatu dalam Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI).

Dukungan tersebut muncul setelah
anak buah Terawan di RSPAD Gatot Subroto mendeklarasikan organisasi baru bernama Perkumpulan Dokter Seluruh Indonesia (PDSI).

1. Seluruh anggota organisasi profesi medis diminta untuk tetap solid

Muncul PDSI, Organisasi Profesi Medis Minta Anggota Solid pada IDIIlustrasi petugas medis. ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya

Bentuk pernyataan dukungan ditorehkan dalam surat resmi yang dikirimkan ke PB IDI. Dalam surat tersebut, Ketua Umum setiap organisasi profesi medis menyatakan, organisasi profesi medis yang mereka pimpin adalah organisasi profesi medis resmi yang berada di bawah naungan PB IDI.

"Meminta seluruh anggota organisasi profesi medis tersebut untuk tetap solid. Saat ini terdapat lebih dari 110 Organisasi Profesi dan Keseminatan yang tercatat di MPPK dan berada dibawah naungan IDI," tulis surat dukungan tersebut.

Baca Juga: Anak Buah Terawan Deklarasikan PDSI, Organisasi Tandingan IDI?

2. Sepakat untuk tetap berada di bawah naungan PB IDI

Muncul PDSI, Organisasi Profesi Medis Minta Anggota Solid pada IDIKetua Tim Mitigasi PB IDI dan Ketua Terpilih PB IDI, dr Adib Khumaidi

Ketua Umum Majelis Pengembangan Pelayanan Kedokteran (MPPK), Ika Prasetya Wijaya mengatakan, bahwa setiap organisasi profesi medis yang tercatat di MPPK dan IDI, telah sepakat untuk tetap solid dan berada dibawah naungan PB IDI.

“Sesuai putusan Mahkamah Konstitusi tentang tenaga kesehatan telah menyatakan secara jelas bahwa hanya perlu satu wadah organisasi profesi untuk satu jenis tenaga kesehatan. Di Indonesia sendiri, organisasi yang dimaksud adalah IDI,” tegasnya.

3. IDI merupakan satu-satunya organisasi profesi kedokteran di Indonesia

Muncul PDSI, Organisasi Profesi Medis Minta Anggota Solid pada IDIinstagram.com/ikatandokterindonesia

Dia menerangkan Undang Undang Praktik Kedokteran menjelaskan organisasi profesi Dokter satu-satunya adalah Ikatan Dokter indonesia. Hal ini dipertegas juga dengan hasil putusan Mahkamah Konstitusi tahun 2017 yang menyatakan bahwa IDI merupakan satu-satunya organisasi profesi kedokteran di Indonesia.

"Organisasi profesi kedokteran termasuk organisasi yang cukup vital karena menyangkut kesehatan raga dan keselamatan nyawa. Hasil sidang juga memutuskan bahwa seorang dokter bukan hanya teruji secara akademik tapi juga teruji dalam penerapan ilmu," terangnya

4. Sertifikat kompetensi diberikan hanya untuk dokter profesional

Muncul PDSI, Organisasi Profesi Medis Minta Anggota Solid pada IDIKonsil Kedokteran Indonesia (KKI) akan menyelenggarakan Pertemuan Konsolidasi Program KKI yang bertemakan “Meningkatkan dan Menjaga Profesionalisme Dokter dan Dokter Gigi Dalam Melaksanakan Praktik Kedokteran Dengan Berbasis Teknologi Terbaru” (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Ika menegaskan untuk memperoleh sertifikat kompetensi, seorang dokter harus memiliki sertifikat profesi atau ijazah terlebih dulu.

"Sertifikat kompetensi menunjukkan pengakuan akan kemampuan dan kesiapan seorang dokter untuk melakukan tindakan medis dalam praktik mandiri yang akan dijalani, dan hanya diberikan pada mereka yang telah menjalani berbagai tahapan untuk menjadi dokter yang profesional," paparnya.

Baca Juga: PDSI Jadi Tandingan IDI untuk Terawan, Cak Imin: Ini Reaksi Demokrasi

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya