Nadiem Serahkan Soal Ujian CPNS 2021 pada Menpan RB

Nadiem beberkan tahap pembuatan soal seleksi CPNS

Jakarta, IDN Times - Menteri Pendidikan dan Kebudayanaan (Mendikbud) Nadiem Makarim menyerahkan soal-soal untuk seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) 2021 hingga Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

Nadiem mengucapkan terima kasih kepada Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Tjahjo Kumolo yang memberikan kepercayaan kepada Kemendikbud untuk penyusunan soal seleksi tahun ini.

"Soal-soal ini merupakan bagian penting guna menjaring calon ASN berkualitas, soal ini melalui beberapa tahapan," ujar Nadiem dipantau dalam YouTube Kemendikbud, Selasa (20/4/2021).

1. Proses penyusunan melibatkan berbagai unsur

Nadiem Serahkan Soal Ujian CPNS 2021 pada Menpan RBMendikbud Nadiem Anwar Makarim dalam acara kerjasama Kemendikbud dengan Netflix (Dok.IDN Times/Biro Komunikasi dan Layanan Masyarakat Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan)

Nadiem membeberkan tahapan pertama, penyusunan kisi-kisi dengan memperhatikan hasil evaluasi pelaksanaan seleksi CASN dan kisi-kisi tahun 2019.

"Proses ini melibatkan unsur dari Kemenpan RB, Badan Kepegawaian Negara (BKN), hingga Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT).
Dan para pakar dari perguruan tinggi yang didampingi oleh ahli konstruksi soal dari pusat asesmen dan pembelajaran Kemendikbud," ujar Nadiem.

Baca Juga: Panduan Lengkap Daftar CPNS 2021, dari Dokumen hingga Tahap-Tahapnya

2. Telaah bahasa libatkan para ahli

Nadiem Serahkan Soal Ujian CPNS 2021 pada Menpan RBANTARA FOTO/Nyoman Hendra Wibowo

Kemudian tahapan kedua, lanjut Nadiem proses telaah bahasa dari para ahli dari badan pengembangan dan pembinaan bahasa untuk memastikan susunan telah sesuai kaidah tulisan bahasa Indonesia yang baik dan benar.

"Pada tahap ini, melibatkan penulis perguruan tinggi negeri di Indonesia, dengan pendampingan dan penjaminan mutu oleh pusat asesmen dan pembelajaran sebagai ahli konstruksi soal," katanya.

3. Pengadaan pegawai negara secara transparan

Nadiem Serahkan Soal Ujian CPNS 2021 pada Menpan RBANTARA FOTO/den

Nadiem mengungkapkan Kemendikbud berkomitmen membantu proses pengadaan pegawai negara yang akuntabel dan transparan.

"Sehingga memungkinkan rekrutmen calon-calon Smart ASN. Dengan karakter integritas, nasionalis, profesional, berwawasan global, menguasai teknologi, memiliki jiwa keramah-tamahan dan serta kemampuan membangun jejaringan di masa mendatang," ungkap Nadiem.

Baca Juga: Meski Banyak Dikritik, Nadiem Diprediksi Masih Aman di Kabinet Jokowi

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya