Nasib 80 Anak-anak Eks ISIS, Terlunta-lunta hingga Meninggal Dunia 

Mayoritas anak-anak ini diboyong orangtua-nya yang ikut ISIS

Jakarta, IDN Times - Nasib miris dialami 80 anak Indonesia eks ISIS yang kini berada di sejumlah negara. Kepala BNPT Komjen Pol Boy Rafli Amar mengatakan, anak-anak tersebut dibawa oleh orangtua mereka yang terpengaruh paham dan gerakan ISIS.

"Mereka ini sangat menderita. Ada yang di kamp penawanan, ada yang meninggal dunia. Bahkan, ada anak-anak Indonesia berusia di bawah 10 tahun juga harus mengalami nasib terlunta-lunta," kata Boy dilansir dari Antara, Selasa (23/6).

1. 80 anak Indonesia telah teridentifikasi

Nasib 80 Anak-anak Eks ISIS, Terlunta-lunta hingga Meninggal Dunia Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Irjen Pol Boy Rafli Amar berjalan meninggalkan ruangan usai mengikuti upacara pelantikan di Istana Negara, Jakarta, Rabu (6/5/2020). Presiden secara resmi melantik Irjen Pol Boy Rafli Amar sebagai Kepala BNPT menggantikan Komjen Pol Suhardi Alius (ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay)

Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) mencatat, ada sekitar 80 anak Indonesia eks ISIS yang kini berada di sejumlah negara tersebut telah teridentifikasi identitasnya.

"Mereka ada di wilayah berbagai negara, seperti Turki, Irak, Suriah, dan beberapa tempat lainnya. Ada 3-4 negara," ujarnya.

Baca Juga: Mantan Kepala BNPT: Virus ISIS Lebih Bahaya Ketimbang Virus Corona

2. 80 anak berusia di bawah 10 tahun

Nasib 80 Anak-anak Eks ISIS, Terlunta-lunta hingga Meninggal Dunia Mantan simpatisan ISIS, Febri (kanan). (IDN Times/Aldzah Aditya)

Menurut dia, BNPT sangat terbantu dengan sistem data kependudukan dan catatan sipil (Dikdukcapil) dalam mengidentifikasi data melalui foto warga yang sempat bergabung dengan ISIS.

"Makanya, sudah sekitar 80 (orang) yang kategorinya anak sudah kita pegang datanya. Mereka di bawah 10 tahun. Anak-anak ini dibawa bapak ibunya berangkat ke sana," katanya.

3. Nasib anak-anak eks ISIS masih dibicarakan di forum internasional

Nasib 80 Anak-anak Eks ISIS, Terlunta-lunta hingga Meninggal Dunia kemlu.go.id

Mengenai nasib anak-anak di bawah 10 tahun, ia mengaku masih terus dibicarakan penyelesaiannya dalam forum internasional, baik dengan negara pemegang otoritas hingga lembaga di bawah Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

"Tentunya nanti harus dibicarakan di forum internasional, bagaimana kelanjutan anak-anak ini yang dibawa bapak ibunya berangkat ke sana," katanya.

4. Data BNPT menyebutkan bahwa ada 1.500-1.600 orang yang bergabung dengan ISIS

Nasib 80 Anak-anak Eks ISIS, Terlunta-lunta hingga Meninggal Dunia Sumber Gambar: christianpost.com

Boy mengatakan, pemerintah harus mengacu hukum internasional, terutama yang berkaitan dengan nasib anak-anak eks WNI mantan ISIS tersebut. Untuk seluruh eks WNI, Boy menyampaikan berdasarkan estimasi data BNPT terdapat kurang lebih 1.500-1.600 orang yang bergabung dengan ISIS dan kini berada di luar negeri.

"Sebenarnya menjadi pembelajaran bahwa dalih ISIS membujuk mereka berjuang atas nama agama dengan berangkat ke luar negeri ternyata sesuatu yang menyesatkan," tegasnya.

Baca Juga: Pemerintah Kaji Pemulangan Anak Yatim Piatu dari ISIS

Topik:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya