Nelayan Cilincing Curhat ke Mensos Susah Air Bersih sampai BBM Mahal

Kemensos terapkan penyulingan air keruh jadi air bersih

Jakarta, IDN Times — Para nelayan di Cilincing, Jakarta Utara mengeluhkan sulitnya mendapatkan air bersih dan tingginya harga BBM. Hal itu disampaikan para nelayan kepada Menteri Sosial Tri Rismaharini.

Risma mengunjungi masyarakat Cilincing yang mayoritas adalah nelayan, dalam rangka memenuhi undangan Bhakti Sosial yang diselenggarakan oleh Gerakan Nelayan Tani Indonesia (GANTI).

“Saya hanya ingin tanya, apa yang dibutuhkan. Nanti kita rundingkan mana bagian saya (Kemensos), mana yang bagian KKP (Kementerian Kelautan dan Perikanan),” ujarnya dalam siaran tertulis, Rabu (2/11/2022).

Baca Juga: Nelayan Lebak Diharap Budidayakan Benur Jadi Lobster

1. Para nelayan mengeluhkan kurangnya air bersih dan tingginya harga BBM

Nelayan Cilincing Curhat ke Mensos Susah Air Bersih sampai BBM MahalIlustrasi nelayan melaut. (Dok. KNTI)

Mendengar keluhan yang disampaikan masyarakat tersebut, Risma mengatakan akan memfasilitasi mereka untuk mendapatkan BBM bersubsidi khusus nelayan.

Risma juga akan menyalurkan alat yang dapat menyuling air laut menjadi air bersih yang bisa digunakan untuk kehidupan sehari-hari.

Baca Juga: Risma Dorong Disabilitas Hidup Mandiri, agar Keluar dari Kemiskinan

2. Kemensos menerapkan program penyulingan yang menyulap air keruh menjadi air bersih

Nelayan Cilincing Curhat ke Mensos Susah Air Bersih sampai BBM Mahalilustrasi minum air putih (IDN Times/Mardya Shakti)

Sebelumnya, Kemensos melaksanakan program penyulingan yang menyulap air keruh menjadi air bersih yang siap minum di beberapa Kecamatan di Kabupaten Serang Banten dan beberapa daerah lainnya.

Menurut Risma, keberhasilan ini bisa diterapkan juga di kawasan pemukiman nelayan di Cilincing.

Baca Juga: Curhat Keluarga Korban Kanjuruhan ke Mensos: Tak Mau Bergantung Bansos

3. Para nelayan apresiasi kehadiran mensos

Nelayan Cilincing Curhat ke Mensos Susah Air Bersih sampai BBM MahalIlustrasi kapal-kapal nelayan. (ANTARA FOTO/Dedhez Anggara)

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Umum GANTI, Rokhmin Dahuri mengapresiasi kehadiran Menteri Sosial di CIlincing. Mantan Menteri Kelautan dan Perikanan Era Presiden Megawati ini mengungkapkan kesiapan GANTI sebagai organisasi nelayan untuk bekerja sama dengan pemerintah dalam upaya menyejahterakan nelayan.

“Kami berterima kasih kepada Ibu Menteri yang telah hadir di tengah-tengah kita para nelayan di Kalibiru, Jakarta Utara,” ucapnya saat memberikan sambutan.

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya