Comscore Tracker

Operasi Bayi Kembar Siam Ardi Ardan Sukses, Begini Tahapannya

Operasi memakan waktu 5 jam 36 menit

Jakarta, IDN Times - Proses operasi pemisahan bayi kembar siam Ardi dan Ardan berjalan lancar pada Sabtu (16/11). Proses pemisahan bagian perut dan sebagian dada kedua bayi itu memakan waktu 5 jam 36 menit. 

"Waktu operasi mulai persiapan sampai selesai menghabiskan waktu 10 jam namun proses operasi sendiri berlangsung 5 jam 36 menit," ujar ketua tim operasi Eddy Jo Siswanto di Rumah Sakit Anak dan Bunda (RSAB) Harapan Kita, Sabtu (16/11) petang.

1. Sayatan pertama dimulai pukul 10.24 WIB

Operasi Bayi Kembar Siam Ardi Ardan Sukses, Begini TahapannyaPara dokter menggelar konferensi pers usai operasi pemisahan bayi kembar siam Ardi dan Ardan di Rumah Sakit Anak dan Bunda (RSAB) Harapan Kita, Sabtu (16/11) petang.

Eddy kemudian menjelaskan tahapan demi tahapan operasi bayi Ardi dan Ardan secara rinci. Pada pukul 05.00 WIB, tim dokter operasi bayi kembar siam telah berkumpul di RSAB Harapan Kita. Kemudian, pukul 06.45, bayi kembar Ardi dan Ardan memasuki ruang operasi dan dilakukan anastesi.

"Lalu dr Alexandra penanggung jawab operasi pemisahan kembar siam sayatan pertama ke pasien pukul 10.24 WIB," jelasnya.

2. Pukul 11.40 tim dokter berhasil memisahkan organ hati Ardi dan Ardan yang menempel

Operasi Bayi Kembar Siam Ardi Ardan Sukses, Begini TahapannyaOrangtua bayi kembar siam Ardi dan Ardan menggelar konferensi pers di Rumah Sakit Anak dan Bunda (RSAB) Harapan Kita, Sabtu (16/11) petang.

Setelah 1 jam 15 menit, atau pukul 11.40, tim dokter berhasil memisahkan organ hati Ardi dan Ardan yang menempel. "Kemudian pukul 12.12 bagian belakang Ardi dan Ardan terpisah seluruhnya. Setelah berhasil dipisahkan, pada pukul 12.30, tim dokter memindahkan Ardi dari ruang operasi empat ke ruang operasi tiga," paparnya.

Pada pukul 13.00 WIB, Budi Rahmat, ahli di bidang thoraks dan kardiovaskular, melakukan rekonstruksi dinding dada dan diafragma. Lalu, pukul 13.16 WIB, dokter spesialis anak yakni Alexandra dan Cathy serta tim bedah anak melakukan rekonstruksi efek dari dinding perut selama 90 menit.

3. Akhirnya, pukul 16.00 bayi Ardi selesai dioperasi dan dipindahkan ke ruang PICU

Operasi Bayi Kembar Siam Ardi Ardan Sukses, Begini Tahapannya(Bayi kembar siam Ardi dan Ardan akan menjalani operasi pemisahan di RSAB Harapan Kita) Dok. Istimewa

Kemudian pukul 14.50 WIB, Laksmi, spesialis bedah plastik melakukan tugas utama yakni memulai penutupan efek secara primer. "Dokter langsung menutup kulit dari kulit pasien tanpa melakukan penambahan," beber Eddy.

Akhirnya, pukul 16.00 bayi Ardi selesai dioperasi dan dipindahkan ke ruang Pediatric Intesive Care Unit (PICU). Sedangkan, bayi Ardan masih diproses penyelesaian operasi karena tubuhnya lebih besar daripada Ardi.

Baca Juga: Operasi Pemisahan Bayi Kembar Siam Ardi dan Ardan Telan Rp1,1 Milliar

4. Organ Ardi dan Ardan menenpel

Operasi Bayi Kembar Siam Ardi Ardan Sukses, Begini Tahapannya(Bayi kembar siam Ardi dan Ardan akan menjalani operasi pemisahan di RSAB Harapan Kita) Dok. Istimewa

Eddy mengungkapkan tim dokter sudah memprediksi dari awal bahwa organ hati menempel menjadi satu.

"Alhamdulilah bisa dipisahkan, ternyata bagian usus alhamdulilah sudah terpisah hanya ada bagian hati, sepertinya lebih besar punya Ardan dibandingkan Ardi jadi kita potong bagian lipatan pertengahan," terangnya.

5. Operasi pemisahan Ardi dan Ardan melibatkan 30 tenaga medis

Operasi Bayi Kembar Siam Ardi Ardan Sukses, Begini Tahapannya(Bayi kembar siam Ardi dan Ardan akan menjalani operasi pemisahan di RSAB Harapan Kita) Dok. Istimewa

Operasi pemisahan bayi kembar siam Ardi dan Ardan akhirnya berhasil. Operasi pemisahan dempet perut dan sebagian dada melibatkan 30 tenaga medis.

"Alhamdulillah, hari ini kami dari RSAB Harapan Kita dibantu teman-teman dari rumah sakit lainnya nanti saya sebutkan satu per satu, telah berhasil melakukan operasi pemisahan kembar siam Ardi dan Ardan," ujar Direktur RSAB Harapan Kita Didi Danukusumo.

Baca Juga: Kisah Mengharukan Seorang Ibu Merawat Bayi Kembar Siam Dempet Perut

6. Operasi berjalan lebih cepat dari perkiraan

Operasi Bayi Kembar Siam Ardi Ardan Sukses, Begini TahapannyaIDN Times/Dini suciatiningrum

Didi mengungkapkan operasi awalnya diperkirakan memakan waktu 16 jam. Ternyata operasi berjalan lebih cepat yakni hanya 10 jam secara total, termasuk waktu persiapan.

7 Operasi melibatkan libatkan dokter spesialis

Operasi Bayi Kembar Siam Ardi Ardan Sukses, Begini TahapannyaIDN Times/Dini suciatiningrum

Didi menjelaskan penanganan kasus kembar siam Ardi dan Ardan melibatkan bermacam dokter spesialis, antara lain spesialis bedah anak, spesialis bedah thorax kardio vaskular, spesialis bedah plastik, spesialis anestesi, spesialis anak, spesialis radiologi, spesialis patologi klinik, spesialis dan rehabilitasi medik.

"Tenaga medis spesialis yang terlibat dari rumah sakit luar, antara lain dari Pusat Jantung Nasional Harapan Kita, Pusat Kanker Nasional Dharmais, RSPAD Gatot Subroto, dan RSUPN Cipto Mangunkusumo," paparnya.

Baca Juga: Setelah 10 Jam, Operasi Kembar Siam Ardi dan Ardan Berhasil

Topic:

  • Anata Siregar

Just For You