Pakar Beberkan Gejala dan Cara Pencegahan Cacar Monyet

Sudah ada 700 kasus cacar monyet sampai Juni

Jakarta, IDN Times -  Kasus cacar monyet atau monkeypox sempat mewabah di Inggris pada awal Mei 2022 lalu. WHO menerima laporan kasus penyakit ini terjadi di 11 negara non endemik lainnya. Sementara data dari Global Change Data Lab 2022 mencatat ada 700 kasus terkonfirmasi hingga awal Juni 2022.

Melihat penularan cacar monyet antar manusia pada wabah kali ini yang tergolong tinggi, Guru Besar Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Gadjah Mada (UGM), Wayan Tunas Artama, meminta masyarakat untuk tidak khawatir berlebihan.

“Pencegahan penyakit ini dapat dilakukan dengan mengindari kontak langsung dengan orang bergejala. Adapun gejala penyakit ini pada manusia memiliki kemiripan dengan penyakit cacar,” katanya dalam siaran tertulis dilansir laman UGM, Jumat (10/6/2022).

1. Gejala tertular cacar monyet

Pakar Beberkan Gejala dan Cara Pencegahan Cacar MonyetPenelitian kecil tentang antivirus cacar monyet (iStockphoto.com/MarioGuti)

Wayan membeberkan, beberapa gejala yang muncul seperti demam lebih dari 38,5 derajat celcius kelemahan, menggigil dengan atau tanpa keringat, nyeri tenggorokan dan batuk, pegal- pegal, pembengkakan kelenjar limfa, sakit kepala. Lalu diikuti dengan kemunculan ruam makular-papular berbatas jelas, vesikular, pustular, hingga lesi berkeropeng.

“Masa inkubasi cacar monyet berkisar 6 hingga 13 hari,” jelasnya

Baca Juga: Makin Ngeri, Cacar Monyet Sudah Tembus 1.000 Kasus

2. Penularan cacar monyet dari manusia melalui droplet

Pakar Beberkan Gejala dan Cara Pencegahan Cacar MonyetIlustrasi tidak memakai masker di ruang terbuka. (ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso)

Wayan menerangkan, cacar monyet merupakan penyakit zoonotik yang menular dari hewan ke manusia saat mengonsumsi atau melakukan kontak langsung dengan hewan yang terinfeksi. Cacar monyet ditransmisikan melalui berbagai jenis satwa liar dari hewan pengerat seperti tikus dan tupai dan primata yaitu kera dan monyet. Penularan secara kontak langsung juga dapat terjadi antar hewan.

“Penularan cacar monyet dari manusia ke manusia utamanya melalui droplet pernafasan yang secara umum perlu kontak erat yang cukup lama,” terangnya.

 

Baca Juga: Cegah Cacar Monyet Meluas, Nigeria Larang Konsumsi Daging Hewan Liar

3. Cara pencegahan cacar monyet

Pakar Beberkan Gejala dan Cara Pencegahan Cacar Monyetinfografis cara cuci tangan dengan benar (IDN Times/Sukma Shakti)

Penularan juga bisa melalui kontak langsung dengan cairan tubuh atau materi lesi cacar. Selain itu, penularan dapat terjadi lewat kontak tidak langsung dengan benda maupun permukaan yang terkontaminasi.

Upaya pencegahan lain adalah menjaga kebersihan tangan dengan rutin mencuci tangan menggunakan sabun/handsanitizer, memakai masker, menerapkan hubungan seksual yang aman, serta menerapkan erika batuk dan bersin yang benar.

“Edukasi dan peningkatan kewaspadaan masyarakat terhadap faktor risiko dapat dijadikan strategi utama untuk menurunkan paparan terhadap virus cacar monyet,” terang pakar biokimia dan biologi molekuler ini.

4. Vaksinasi bisa cegah cacar monyet

Pakar Beberkan Gejala dan Cara Pencegahan Cacar Monyetilustrasi vaksinasi (IDN Times/Herka Yanis)

Ia mengatakan vaksinasi juga bisa mencegah cacar monyet. Dari studi yang dilakukan Regnery 2007, diketahui vaksinasi menggunakan vaksin cacar atau orthopoxvirus lain seperti virus vaccinia mampu memberikan perlindungan parsial terhadap infeksi virus monkeypox. Pada tahun 2019, Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat (FDA) menyetujui vaksin JYNNEOSTM untuk mencegah penyakit cacar monyet dengan efektivitas mencapai 85 persen

Cacar monyet merupakan penyakit endemik di Afrika Barat dan Tengah. Penyakit ini disebabkan oleh virus monkeypox, yaitu virus DNA untai-ganda beramplop dari genus Orthopoxvirus, dan famili Poxviridae.

Topik:

  • Rendra Saputra

Berita Terkini Lainnya