Pakar Transportasi: Cabut Aturan Mudik jika Penguasa Minta Dispensasi

Wakil Presiden Ma'ruf Amin minta dispensasi mudik santri

Jakarta, IDN Times - Pakar Transportasi Nasional, Djoko Setijowarno meminta pemerintah mencabut kebijakan larangan mudik jika memberikan dispensasi pada sejumlah pihak. Sebab, hal itu bakal menyakit banyak pihak yang telah bersedia mengikuti aturan pemerintah.

"Banyak pihak sudah sepakat, sampai-sampai pengusaha bus yang terdampak besar mau mentaati pemerintah. Justru sekarang tiba-tiba ada permintaan dispensasi dari penguasa, cabut saja semua aturan mudik yang sudah dibuat, karena nanti terlalu banyak dispensasi yang diminta," ujarnya dalam pesan yang diterima IDN Times, Rabu (28/4/2021).

Baca Juga: MTI: Tolak Pengecualian Mudik Atau Cabut Larangan Mudik Sekalian

1. Pemerintah dianggap tidak serius jika berikan dispensasi

Pakar Transportasi: Cabut Aturan Mudik jika Penguasa Minta DispensasiIlustrasi Moda Transportasi untuk Mudik. (IDN Times/Mardya Shakti)

Djoko menilai pemerintah dianggap tidak serius jika nanti memberikan dispensasi mudik pada sejumlah pihak. Dia meminta pemerintah tegas dalam menjalankan aturan.

"Justru sekarang tiba-tiba ada permintaan dispensasi dari penguasa. Nanti akan banyak pihak yang meminta dispensasi bayangkan saja jika nanti Ketua MPR, Ketua DPR serta para ketua partai minta dispensasi, apa gunanya aturan yang sudah dibuat susah-susah," ujar pengamat transportasi tersebut.

2. Wapres Ma'ruf Amin minta dispensasi mudik untuk santri

Pakar Transportasi: Cabut Aturan Mudik jika Penguasa Minta DispensasiIlustrasi santri di pondok pesantren. ANTARA FOTO/Fauzan

Pernyataan Djoko merupakan buntut dari permintaan dispensasi yang diungkapkan Wakil Presiden Ma'ruf Amin beberapa waktu lalu. Ma'ruf berharap para santri mendapatkan pengecualian untuk dapat mudik pada libur Lebaran 2021.

Juru bicara Wapres Masduki Baidlwoi mengatakan keinginan Wapres tersebut dapat dituangkan dengan meminta Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) berkirim surat kepada Presiden Joko Widodo atau Wapres Ma'ruf Amin sendiri.

"Dalam hal tertentu, kalau dianggap perlu, Wapres meminta Pengurus Besar NU unutk bikin surat secara khusus apakah kepada Presiden atau Wapres atau Dirlantas Nasional supaya ada dispensasi," kata Masduki dikutip dari ANTARA, Jumat (23/4/2021).

3. Dispensasi mudik agar para santri dapat bertemu orang tuanya

Pakar Transportasi: Cabut Aturan Mudik jika Penguasa Minta DispensasiIlustrasi santri di pondok pesantren. ANTARA FOTO/Fauzan

Masduki mengatakan hal itu penting agar para santri dapat pulang bertemu dengan orang tuanya setelah menempuh pendidikan asrama di pondok pesantren.

"Wapres meminta agar ada dispensasi untuk para santri bisa pulang ke rumah masing-masing dengan tidak dikenai aturan ketat terkait larangan mudik, yang berhubungan dengan konteks pandemi saat ini," paparya.

 

Topik:

  • Hana Adi Perdana

Berita Terkini Lainnya