Pasien Isoman di Jawa dan Bali Bisa Dapat Obat Gratis, Cek Caranya!

Layanan telemedicine diperluas

Jakarta, IDN Times - Kementerian Kesehatan RI memperluas jangkauan penggunaan layanan telemedicine gratis di lingkungan Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Bali. Namun program ini baru menjangkau skala perkotaan.

Sebelumnya, layanan telemedicine ini diujicobakan di DKI Jakarta kemudian diperluas sehingga mencakup wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi (Jabodetabek).

"Layanan telemedicine ini diperluas lagi, antara lain Karawang, Kota Bandung, Kota Semarang, Kota Surakarta, Kota Yogyakarta, Kota Surabaya, Kota Malang, dan Kota Denpasar," ujar Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat, Widyawati, dalam siaran tertulis, Jumat (23/7/2021).

Baca Juga: Daftar 11 Layanan Telemedicine Gratis untuk Pasien Isoman COVID-19

1. Ada 11 platform telemedicine yang bekerja sama

Pasien Isoman di Jawa dan Bali Bisa Dapat Obat Gratis, Cek Caranya!Platform Telemedicine, Good Doctor (dok. Good Doctor)

Ada 11 platform telemedicine di Indonesia yang bekerjasama dengan Kemenkes antara lain Halodoc, YesDok, Alodokter, Klik Dokter, SehatQ, Good Doctor, Klinikgo, Link Sehat, Milvik, Prosehat, dan Getwell. Widyawati mengatakan layanan telemedicine ini gratis dimulai dari proses pengambilan dan pemeriksaan sampel di laboratorium.

“Untuk mendapatkan layanan ini, pasien harus melakukan tes PCR/Antigen di laboratorium yang telah terafiliasi dengan sistem New All Record (NAR) Kementerian Kesehatan,” katanya.

2. Pasien akan terima WA dari Kemenkes

Pasien Isoman di Jawa dan Bali Bisa Dapat Obat Gratis, Cek Caranya!Bhabinkamtibmas dan Babinsa Gunsel saat memberikan makanan kepada warga laksanakan Isoman (IDN Times/Ervan)

Jika hasilnya positif dan laboratorium penyedia layanan test COVID-19 melaporkan data hasil pemeriksaan ke database Kementerian Kesehatan (NAR), pasien akan menerima pesan Whatsapp dari Kemenkes RI (dengan centang hijau) secara otomatis.

"Namun, apabila tidak mendapatkan WA pemberitahuan, pasien bisa memeriksa NIK secara mandiri di situs https://isoman.kemkes.go.id," imbuhnya.

Baca Juga: LaporCovid-19: 2.313 Pasien Isoman di Luar RS Meninggal, Terbanyak DKI

3. Hanya pasien kategori isoman, yang dapat obat dan vitamin secara gratis

Pasien Isoman di Jawa dan Bali Bisa Dapat Obat Gratis, Cek Caranya!Paket obat isolasi mandiri yang diberikan oleh Kementerian Kesehatan (IDN Times/Vanny Rahman)

Setelah dapat WA pemberitahuan, pasien bisa melakukan konsultasi secara daring dengan dokter di salah satu dari 11 layanan telemedicine. Caranya tekan link yang ada di pesan WA dari Kemenkes atau di link yang muncul saat pengecekan NIK mandiri di situs https://isoman.kemkes.go.id/panduan, lalu memasukkan kode voucher supaya bisa konsultasi dan dapat paket obat gratis.

Sebelum berkonsultasi, pasien harus menginformasikan bahwa dirinya adalah pasien program Kemenkes.

"Selesai konsultasi, dokter akan memberikan resep digital sesuai kondisi pasien. Hanya pasien kategori isoman, yang akan mendapatkan obat dan vitamin secara gratis," imbuhnya.

Baca Juga: TNI di Depok Mulai Distribusikan Paket Obat untuk Warga Isoman

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya