Pemerintah Bangun 4 Pusat Data Nasional, Salah Satunya di IKN

Groundbreaking mulai tahun ini

Jakarta, IDN Times - Pemerintah menyiapkan pembangunan empat Pusat Data Nasional (PDN) berbasis cloud yang akan beroperasi pada 2024.

“Pemerintah sekarang sedang menyiapkan pusat data pemerintah di empat lokasi nasional, mudah-mudahan yang pertama akan segera mulai dibangun tahun ini groundbreakingnya di Jakarta,” ujar Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G. Plate di acara Digital Economy Working Group Meeting (DEWG) Presidensi G20, Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur, Rabu (20/07/2022).

Baca Juga: Kominfo Siapkan Sanksi Teguran Tertulis Jika Aplikasi Belum Daftar PSE

1. Pusat data dukung penerapan kebijakan berbasis data

Pemerintah Bangun 4 Pusat Data Nasional, Salah Satunya di IKNMenteri Kominfo Johnny G. Plate di DEWG Presidensi G20, Nusa Tenggara Timur, Rabu (20/07/2022)/IDN Times Dini Suciatiningrum

Pembangunan pusat data ini nantinya akan mendukung penerapan kebijakan berbasis data (data driven policy) dan pelayanan publik yang efisien, efektif dan transparan.

"Dalam rangka konsolidasi data pemerintah untuk menghasilkan data dengan mudah. One data policy dan data driven policy itu bisa kita terapkan, kalau pemerintah mempunyai pusat data sendiri yang berbasis cloud, dalam hal ini Government Cloud yang dibangun dengan standar Global Tier-IV,” kata Johnny.

2. Menkominfo dorong sektor privat kembangkan pusat data

Pemerintah Bangun 4 Pusat Data Nasional, Salah Satunya di IKNkominfo.go.id

Johnny juga mengatakan Kominfo akan mendorong sektor privat untuk mengembangkan pusat data atau membangun infrastruktur hilir digital.

“Saat ini konsumsi data per kapita masih sangat rendah, secara nasional konsumsi data kita saat ini 1 watt per kapita (setara dengan 270 atau 300 megawatt), ini potensinya sangat besar, bandingkan dengan Singapura tetangga kita itu 100 waat per kapita,” ujar dia.

Baca Juga: IKN Mulai Dibangun Agustus, Pemerintah Gaspol Market Sounding

3. Empat lokasi Pusat Data Nasional

Pemerintah Bangun 4 Pusat Data Nasional, Salah Satunya di IKNPresiden Jokowi saat meninjau lokasi IKN di PPU untuk pertama kalinya sejak penentuan IKN baru (IDN Times/Yuda Almerio)

Diketahui, Pusat Data Nasional dibuat agar Indonesia bisa menerapkan tata kelola satu data. Dengan satu data, pemerintah bisa mengambil kebijakan berbasis data (data driven policy) sehingga aturan bisa lebih cepat dan akurat.

Rencananya, empat lokasi PDN itu yakni di kawasan Deltamas Industrial Estate (Jabodetabek), Nongsa Digital Park (Batam), Ibu Kota Negara (IKN) Kalimantan Timur, serta Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur.

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya