Comscore Tracker

Pemerintah Berencana Hapus PPKM, Wamenkes Beberkan Syaratnya

Evaluasi dilakukan selama enam bulan 

Jakarta, IDN Times - Wakil Menteri Kesehatan Dante Saksono buka suara terkait rencana pemerintah yang akan menghapus kebijakan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM).

Dante mengatakan, saat ini pihaknya bersama masih melakukan evaluasi apakah nantinya PPKM Dihapus atau tidak.

"Terkait status PPKM yang nantinya dihapus, kami sedang melakukan evaluasi dengan para epidemiologi," katanya dalam Rapat Kerja Komisi IX dipantau YouTube Komisi IX, Senin (23/5/2022). 

Baca Juga: Menko Muhadjir: PPKM Berpeluang Dihapus Bila COVID-19 Terkendali 

1. Effective reproduction number kurang dari satu selama lebih dari enam bulan

Pemerintah Berencana Hapus PPKM, Wamenkes Beberkan Syaratnyailustrasi tenaga kesehatan. (ANTARA FOTO/Fauzan)

Lebih lanjut Dante menerangkan, salah satu parameter Indonesia memasuki fase aman dari COVID-19 ditandai dengan effective reproduction number (Rt) kurang dari 1 selama lebih dari enam bulan.

Rt adalah angka penambahan kasus yang terjadi di lapangan setelah mendapatkan berbagai intervensi dalam upaya pengendalian pandemi seperti Pemberlakuan

2. Kemenkes akan mengupdate status PPKM

Pemerintah Berencana Hapus PPKM, Wamenkes Beberkan Syaratnyailustrasi PPKM Darurat (IDN Times/Sachril Agustin Berutu)

Dante menjelaskan, jika Rt atau effective reproduction number kurang dari 1 selama dua bulan, maka status PPKM akan diperpanjang setiap dua minggu. 

Kemudian, jika Rt COVID-19 selama 4 bulan kurang dari 1, maka status PPKM akan diperpanjang sebulan sekali. Bila status Rt COVID-19 kurang dari 1 selama enam bulan, maka status PPKM tidak diperpanjang atau diperpanjang sewaktu-waktu.

"Ini akan kita awasi terus dengan mengupdate status PPKM sesuai rencana kita yang kita tuangkan dengan diskusi dengan pakar dan epidemiologi," paparnya.

3. Pemerintah berpeluang besar menghapus PPKM

Pemerintah Berencana Hapus PPKM, Wamenkes Beberkan Syaratnya

Baca Juga: Warga Sudah Boleh Copot Masker, Bagaimana Nasib PPKM ke Depan? 

Sebelumnya Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy mengatakan, pemerintah berpeluang besar menghapus Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) dalam waktu secepatnya.

"Kalau situasi sudah terkendali, masa PPKM terus," kata Muhadjir Effendy yang dikutip ANTARA.

Muhadjir mengatakan pemerintah tetap mempertimbangkan secara matang masukan dari berbagai pakar dalam memutuskan penghapusan PPKM.

Menurut mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu, peluang pemerintah untuk menghapus ketentuan PPKM sangat besar dan akan diterapkan secepatnya.

"Sangat besar peluangnya (menghapus PPKM). Secepatnya," kata Muhadjir saat menjawab kapan PPKM akan dihapus.

Topic:

  • Rendra Saputra

Berita Terkini Lainnya