Comscore Tracker

Pemerintah Tunjuk Lima Jubir Vaksin COVID-19, Siapa Saja?

Lima jubir vaksin akan menjawab isu vaksin dan imunisasi

Jakarta, IDN Times - Menteri Komunikasi dan Informatika ( Menkominfo), Johnny G Plate mengungkapkan pemerintah telah menunjuk lima juru bicara vaksinasi COVID-19.

"Dari empat instansi yang merupakan leading sector, baik dalam pengadaan vaksin COVID-19 maupun pelaksanaan vaksinasi COVID-19. Kelima juru bicara tersebut juga telah hadir secara virtual," ujar Johnny G Plate dipantau dalam youtube Kemkominfo TV, Senin (7/11/2020).

1. Ketua tim pakar satuan tugas penanganan COVID-19 Wiku Adisasmito

Pemerintah Tunjuk Lima Jubir Vaksin COVID-19, Siapa Saja?Juru Bicara Satgas COVID-19 Wiku Adisasmito berpose usai memberikan keterangan di Kantor Presiden, Jakarta (ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay)

Johnny menyebutkan juru bicara pertama berasal dari Satuan Tugas Penanganan COVID-19, yakni Prof Wiku Adisasmito yang merupakan ketua tim pakar satuan tugas penanganan COVID-19 yang akan menyampaikan aspek ilmiah terkait vaksin dan korelasinya dengan pengendalian virus corona.

"Selain itu Profesor Wiku juga akan menyampaikan pesan menyeluruh dari semua aspek terkait secara umum mengenai vaksin dan vaksinasi COVID-19 di Indonesia," kata politisi Partai Nasdem itu.

2. Dokter Reisa Broto Asmoro akan sampaikan adaptasi kebiasaan baru

Pemerintah Tunjuk Lima Jubir Vaksin COVID-19, Siapa Saja?dr. Reisa Broto Asmoro (Jubir Satgas COVID-19) dan dr. Elizabeth Jane Soepardi, MPH (Pakar Imunisasi) memberikan keterangan pers mengenai rantai distribusi vaksin di Jakarta, Senin, 30 November 2020 (Dok. Kominfo)

Johnny menunjuk jubi lainnya dari Satuan Tugas Penanganan COVID-19, dokter Reisa Broto Asmoro yang juga merupakan Duta adaptasi Kebiasaan Baru Satuan Tugas Penanganan COVID-19.

"Secara berkala dokter Reisa akan menyampaikan informasi terkait perilaku hidup sehat yang berbasis pencegahan, termasuk imunisasi atau vaksinasi," ujar Johnny.

Baca Juga: Menkominfo Johnny G Plate Jalani Pemeriksaan COVID-19 di RSPAD

3. Jubir dari Kemenkes yakni Siti Nadia Tarmizi

Pemerintah Tunjuk Lima Jubir Vaksin COVID-19, Siapa Saja?Dir. Pencegahan & Pengendalian Penyakit Tular Vektor & Zoonotik Kemenkes, Siti Nadia Tarmizi. (Twitter/@BNPB_Indonesia).

Kemudian, juru bicara dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia yakni dr. Siti Nadia Tarmizi, yang notabene Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Langsung Kementerian Kesehatan Republik Indonesia masuk jajaran jubir yang dpilih.

"Dokter Siti Nadia Tarmizi akan menyampaikan informasi terkait kebijakan program vaksinasi serta hubungan pasien," kata politis berusia 64 tahun itu.

4. Pemerintah tunjuk Jubir dari BPOM dan Bio Farma

Pemerintah Tunjuk Lima Jubir Vaksin COVID-19, Siapa Saja?Ilustrasi Bio Farma. ANTARA FOTO/M Agung Rajasa

Johnny menambahkan juru bicara selanjutnya, yakni Direktur Registrasi Obat Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), Rizka Andalucia. Dia nantinya akan memberikan tanggapan terkait isu perizinan, keamanan, serta khasiat dan mutu.

"Dan, juru bicara ke lima dari yakni Corporate Secretary PT Bio Farma (Persero) Bambang Heriyanto yang secara berkala akan menerangkan dari sisi logistik dan pendistribusian vaksin yang merata ke seluruh Indonesia," tukas dia. 

Baca Juga: Wiku: Jika Rizieq Tidak Isolasi Mandiri, Bisa Dijemput Satgas Daerah

Topic:

Berita Terkini Lainnya