Pemprov DKI Bangun Tanggul Sepanjang 1.400 Meter di Kali Pesanggrahan

Kawasan sekitar kali Pesanggrahan jadi langganan banjir

Jakarta, IDN Times - Pemerintah DKI Jakarta akan membangun sheet pile atau tanggul sepanjang 1.400 meter di bantaran kali Pesanggrahan untuk mengatasi luapan air saat banjir. Kawasan ini jadi jadi salah satu langganan banjir saat hujan mengguyur Ibu Kota.

Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono mengungkapkan selain atasi dampak banjir di Jalan Briti, Kelurahan Kembangan Selatan, serta di Simpang Puri, pembangunan sheet pile juga mengurangi kemacetan.

"Alur yang kita selamatkan itu sesuai dengan eksisting yaitu sisi Timur 795 meter dan sisi Barat 605 meter. Sehingga kawasan di sisi sungai sampai dengan lampu merah bisa dikurangi dampak musim hujan hingga kemacetan saat musim hujan," papar Heru saat meninjau kali Pesanggrahan, Kamis (19/1/2023).

1. Tanggul ditargetkan selesai tahun ini

Pemprov DKI Bangun Tanggul Sepanjang 1.400 Meter di Kali PesanggrahanPenjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono kunjungi Kali Pesanggrahan Kamis (19/1/2023)/dok Humas

Heru menargetkan pengerjaan tanggul tersebut akan selesai sampai akhir tahun. Untuk itu, meminta agar warga memahami kondisi dan upaya Pemprov DKI Jakarta.

"Warga juga harus memahami dan mendukung kami. Karena ada beberapa bangunan juga yang terkena (dampak musim hujan),"jelasnya.

Baca Juga: Tanggul Pembatas Stasiun Tebet Longsor akibat Hujan Deras

2. Pembangunaan tanggul bagian normalisasi sungai

Pemprov DKI Bangun Tanggul Sepanjang 1.400 Meter di Kali PesanggrahanANTARA FOTO/Hafidz Mubarak

Kepala Dinas Sumber Daya Air DKI Jakarta, Yusmada Faizal, mengatakan bahwa pembangunan sheet pile tersebut merupakan komitmen bersama sebagai bagian dari upaya normalisasi 13 sungai.

"Terutama sungai besar itu ada lima, Kali Pesanggrahan, Kali Angke, Kali Sunter, Kali Ciliwung, dan Kali Jati Keramat. Itu sesuai dengan komitmen dari Pak Presiden Joko "Jokowi"  Widodo. Salah satu upayanya adalah dengan memperkuat tanggul-tanggul kali. Baik dengan konstruksi sheet pile dan bronjong. Sekarang sudah tahap lelang dan kalau lancar pada Maret April akan dikerjakan," terangnya.

3. Warga berharap pembangunan tanggul cepat selesai

Pemprov DKI Bangun Tanggul Sepanjang 1.400 Meter di Kali Pesanggrahan(Suasana banjir di kawasan Bintaro, Pesanggrahan, Jakarta Selatan, Minggu (12/11). Banjir tersebut disebabkan meluapnya Kali Pesanggrahan di kawasan itu) ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak

Warga setempat, Juki berharap tanggul tersebut segera selesai terbangun agar tidak menimbulkan banjir di bantaran kali. 

"Kita warga ngikut aja anjuran pemerintah. Kita seneng, terharu, sedih, karena terlalu gembira saya. Mudah-mudahan cepat dilaksanakan dan dirapikan," terang Juki.

Baca Juga: DKI Lanjutkan Pembangunan Tanggul Pantai NCICD hingga 3 Tahun ke Depan

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya