Comscore Tracker

Penampakan Makam Terduga Teroris Mabes Polri ZA di TPU Pondok Ranggon

Tidak ada petak khusus untuk makam teroris

Jakarta, IDN Times - Sebuah gundukan tanah merah nampak mencolok di antara makam lain di Blad A 1 Unit Islam di TPU Pondok Ranggon, Jakarta Timur. Di atas tanah merah nan basah tersebut, tidak ada taburan bunga atau pun nisan. Ya, di makam itulah terduga pelaku teroris ZA menuju peristirahatan terakhir.

Petugas Administrasi TPU Pondok Ranggon Jayadi membenarkan makam tersebut merupakan makam terduga teroris ZA, yang menyerang Mabes Polri pada Rabu, 31 Maret 2021 sore.

"Iya benar itu makamnya dimakamkan malam sekitar jam 02.00," ujarnya kepada IDN Times di kantor TPU Pondok Ranggon, Kamis (1/4/2021).

Baca Juga: Pelaku Teror ke Mabes Polri Tewas Kena Peluru di Bagian Jantung

1. Pemakaman di luar jam layanan tanggung jawab kepala TPU

Penampakan Makam Terduga Teroris Mabes Polri ZA di TPU Pondok RanggonMakam terduga pelaku teroris ZA di TPU Pondok Ranggon. (IDN Times/Dini Suciatiningrum)

Meski demikian, Jayadi tidak tahu situasi detik-detik pemakaman jenazah ZA, sebab di luar jam tugas pelayanan yakni pukul 18.00 WIB.

"Biasanya dalam kondisi tertentu langsung hubungi kepala TPU, seperti jika ada peristiwa seperti semalam atau penguburan COVID-19 langsung ke kepala," kata dia.

2. Tidak ada petak khusus untuk makam teroris

Penampakan Makam Terduga Teroris Mabes Polri ZA di TPU Pondok Ranggon(IDN Times/Fiqih Damar dan Aldila Muharma)

Jayadi menerangkan tidak ada petak khusus untuk pemakaman teroris di TPU Pondok Ranggon. Menurut dia makam teroris sama dengan makam lain.

Meski demikian, Jayadi tidak tahu pasti berapa jumlah makam teroris yang dimakamkan di TPU Pondok Ranggon.

"Mungkin kurang sepuluh, kalau makam teroris tidak ada lapak khusus karena lahannya juga terbatas," kata dia.

3. Jenazah ZA dimakamkan pada Kamis dini hari

Penampakan Makam Terduga Teroris Mabes Polri ZA di TPU Pondok RanggonTPU Pondok Ranggon. (IDN Times/Dini Suciatiningrum)

Jenazah ZA, terduga pelaku aksi teror di Mabes Polri, Jakarta Selatan, sudah dimakamkan pada Kamis (1/4/2021) dini hari. Hal ini dikonfirmasi Kasdi, ketua RT 3, RW 10 Ciracas, Jarta Timur, wilayah tempat tinggal ZA.

"Sudah semalam, sekitar jam setengah satu orang-orang ke TPU. Sudah dimakamkan," ujar Kasdi ditemui di kediamannya, Kamis.

ZA sempat diautopsi di RS Polri Kramatjati, Jakarta Timur, usai ditembak polisi saat terjadi teror di Mabes Polri, Rabu, 31 Maret 2021 sore.

"Malam habis dari RS Polri langsung dimakamkan di TPU Pondok Ranggon," ujar Kasdi.

4. Terduga teroris menyerang Mabes Polri

Penampakan Makam Terduga Teroris Mabes Polri ZA di TPU Pondok RanggonSuasana Mabes Polri Setelah Peristiwa Penembakan Terduga Teroris pada Rabu (31/3/2021) (IDN Times/Ilyas Mujib)

Seorang terduga teroris menerobos pintu masuk Mabes Polri dan melakukan aksi penembakan di area dekat ruang kerja Kapolri, pada Rabu (31/3/2021) sore. Suasana Mabes Polri pun mendadak tegang.

Sempat terjadi baku tembak antara kepolisian dengan terduga teroris yang mengenakan pakaian perempuan tersebut. Kepolisian akhirnya melumpuhkan pelaku yang berinisial ZA hingga tersungkur di halaman depan pintu Rupatama area Mabes Polri.

Jenazah ZA langsung dibawa ke Rumah Sakit Kramatjati, Jakarta Timur, tak lama setelah dilumpuhkan polisi. Beberapa anggota Tim Gegana dan Inafis sempat memeriksa jenazah dan barang milik ZA sebelum dibawa ke RS Kramatjati.

Sementara, pihak keluarga juga sudah memakamkan jenazah ZA pada Kamis dini hari tadi, setelah jenazah diambil pihak keluarga dari RS Polri Kramatjati.

Baca Juga: Perbakin: KTA yang Dimiliki Pelaku Teror ke Mabes Polri Palsu

Topic:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya