Penarikan Penjualan Tiket AirAsia dari Traveloka Sudah Permanen

Tidak ada peluang kerja sama lagi

Jakarta, IDN Times - AirAsia menegaskan telah menarik semua penjualan tiket secara permanen dari aplikasi agen travel Traveloka. Keputusan ini didasari hilangnya tiket AirAsia secara misterius dari daftar penjualan di situs Traveloka, dua kali dalam dua pekan terakhir.

"Keputusan tersebut secara permanen," ungkap Direktur Utama AirAsia Indonesia Dendy Kurniawan saat dikonfirmasi IDN Time peluang kerjasama lagi dengan traveloka, Selasa (5/2) pagi.

1. Alasan AirAsia menceraikan Traveloka

Penarikan Penjualan Tiket AirAsia dari Traveloka Sudah Permanen(Aplikasi Traveloka) www.traveloka.com

Direktur Utama AirAsia Indonesia Dendy Kurniawan menguraikan Air Asia membuat keputusan tegas karena dalam dua minggu terakhir tiket AirAsia menghilang dari situs penjualan tersebut.

"Kondisi tersebut sudah terjadi dua kali dalam dua minggu," ujarnya.

2. Menurut AirAsia tidak ada penjelasan dari Traveloka

Penarikan Penjualan Tiket AirAsia dari Traveloka Sudah Permanenairasia.com

Lebih lanjut, dia mengungkapkan hilangnya tiket penerbangan di Traveloka mencederai kerja sama antara AirAsia dan Traveloka yang sudah terjalin baik. Dia menilai peniadaan beberapa penerbangan AirAsia Indonesia oleh Traveloka menunjukkan dengan jelas sikap diskriminatif dan berat sebelah.

"Pihak Traveloka seperti tidak menunjukkan itikad baik dengan menolak memberikan penjelasan resmi meskipun sebelumnya kami telah beberapa kali mencoba meminta klarifikasi," ujarnya kecewa.

Baca Juga: AirAsia Tarik Penjualan Seluruh Tiket dari Situs Traveloka

3. AirAsia kecewa Traveloka sarankan pesan tiket maskapai lain

Penarikan Penjualan Tiket AirAsia dari Traveloka Sudah Permanenhttps://www.hollywoodreporter.com

Lebih lanjut dia memaparkan, pihaknya sebenarnya sudah mengamati pesan-pesan di media sosial yang disampaikan pelanggan tentang ketidaktersediaan tiket AirAsia. Namun, Traveloka justru merespon pertanyaan pelanggan dengan rekomendasi dari Traveloka untuk memesan tiket maskapai lain.

"Oleh karena itu, sebagai bentuk solidaritas, AirAsia secara grup menarik penjualan seluruh tiket AirAsia dari Traveloka efektif kemarin Senin (5/2)," tegasnya

4. Kompetisi harus adil

Penarikan Penjualan Tiket AirAsia dari Traveloka Sudah Permanenthenational.ae

Dendy menambahkan kompetisi seharusnya bebas dan adil sehingga konsumen dapat diuntungkan dengan adanya penawaran yang lebih baik.

"Jangan sampai monopoli membunuh kompetisi dan membuat para traveler menjadi dirugikan," imbuhnya.

5. Tiket AirAsia hilang dua kali di Februari

Penarikan Penjualan Tiket AirAsia dari Traveloka Sudah Permanentwitter.com/ewinnussy

Hilangnya tiket AirAsia dari Traveloka untuk pertama kalinya terjadi 14 sampai 17 Februari yang bertepatan dengan masa peningkatan taraf (upgrade) sistem pemesanan pada tanggal 16 Februari yang berlangsung selama 13 jam.

Traveloka kemudian merujuk pada 13 jam masa perbaikan ini sebagai alasan hilangnya penerbangan AirAsia dari situs mereka ketika menjawab pertanyaan pelanggan. Namun, penerbangan AirAsia kembali hilang untuk yang kedua kalinya dari Traveloka tanpa penjelasan pada 2 Maret 2019 jauh setelah upgrade sistem AirAsia selesai.

Baca Juga: Tak Hanya di Traveloka, Nama AirAsia juga Tenggelam di Tiket.com

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya