Pesan Kapolri ke Satgas Madago: Negara Tak Boleh Kalah dari Teroris!

Panglima TNI dan Kapolri beri motivasi

Jakarta, IDN Times - Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo memberikan pengarahan kepada seluruh personel TNI-Polri yang bertugas di Satgas Madago Raya, Sulawesi Tengah (Sulteng). Mereka meminta agar semua terus berjuang melakukan pengejaran terhadap kelompok teroris Mujahidin Indonesia Timur (MIT) pimpinan Ali Kalora.

Dalam pengarahan dan motivasinya, Sigit menekankan agar Satgas Madago Raya terus melakukan penegakan hukum kepada anggota MIT yang tersisa sembilan orang. Menurutnya, negara tidak akan kalah dengan kelompok terorisme.

"Negara tidak boleh kalah dari kelompok terorisme, tidak ada tempat bagi kelompok terorisme," kata Sigit dalam siaran tertulis, Sabtu (29/5/2021).

1. Satgas Madago Raya untuk ciptakan situasi keamanan

Pesan Kapolri ke Satgas Madago: Negara Tak Boleh Kalah dari Teroris!Satgas Madago Raya mencari dan memburu sisa DPO MIT Poso menggunakan Helikopter. Foto : IDN Times/Istimewa

Baca Juga: Satgas Kehilangan Jejak Kelompok MIT Poso Ali Kalora Cs

Sigit memastikan kehadiran Satgas Madago Raya bertujuan menciptakan situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas). Hal itu juga memerlukan peningkatan peran serta dari seluruh elemen masyarakat khususnya di Sulteng.

Operasi Madago Raya ini sudah merupakan tahap yang II, sejak 1 April hingga 30 Juni 2021. Satgas Madago Raya melibatkan 808 personel TNI-Polri.

"Optimalkan peran setiap unit tugas, tingkatkan soliditas dan sinergitas pada masing-masing unit Satgas, dan hilangkan ego sektoral antarsatgas," tegas Sigit.

2. Kendala di lapangan harus dikomunikasikan

Pesan Kapolri ke Satgas Madago: Negara Tak Boleh Kalah dari Teroris!Potret perkebunan warga yang berada di kawasan operasi Madago Raya. Foto : IDN TIMES/Istimewa

Sigit mengatakan apabila dalam penegakan hukum terhadap kelompok MIT mengalami kendala, dari segi peralatan maupun personel, harus segera dikomunikasikan agar dapat segera diatasi.

"Jumlah personel dan peralatan yang kurang agar diajukan kekurangannya," ujar Sigit.

3. Panglima TNI minta personel lepaskan ego sektoral

Pesan Kapolri ke Satgas Madago: Negara Tak Boleh Kalah dari Teroris!Sebanyak 120 ribu personel gabungan disiapkan untuk melakukan pengamanan selama Natal dan Tahun Baru 2020 (IDN Times/Prayugo Utomo)

Sementara itu, Panglima TNI Marsekal Hadi menyampaikan apresiasi dan dukungannya kepada seluruh personel Satgas Madago Raya yang terus berjuang melakukan pengejaran terhadap kelompok MIT. Meski, mengalami beberapa tantangan seperti cuaca dan geografis.

Hadi mengingatkan seluruh personel terus meningkatkan peran serta masyarakat dalam memberangus jaringan terorisme. Selain itu, ia meminta untuk terus menjaga soliditas dan sinergitas sesama aparat.

"Saat ini kita sedang melaksanakan operasi secara gabungan, maka pesan saya satu, oleh karena itu kita harus melepaskan ego sektoral karena bukan rangka pertandingan tetapi bersatu memumpas sembilan teroris ini. Kedua, komunikasi yang baik, koordinasi dan kolaborasi yang baik," imbuh Hadi.

Baca Juga: Ali Kalora Cs, Ini Foto 11 DPO Teroris MIT Poso

Topik:

  • Jihad Akbar

Berita Terkini Lainnya