Comscore Tracker

Pesawat MAF yang Jatuh di Sentani Membawa Buku untuk Anak-anak Papua

Pesawat jatuh usai dua menit lepas landas dari Sentani

Jakarta, IDN Times- Pesawat milik Mission Aviation Fellowship (MAF) yang jatuh di Danau Sentani pada hari Selasa (12/5) lalu, ternyata mengangkut buku-buku untuk siswa dan peralatan sekolah yang berada di pedalaman Papua.

Namun nahas, pesawat yang dikemudikan oleh Joyce Lin, warga berkebangsaan Amerika Serikat ini, jatuh setelah dua menit pesawat lepas landas dan hilang kontak dengan menara pengawas penerbangan.

Bupati Tolikara, Usman Wanimbo mengatakan kemungkinan besar pesawat MAF ini membawa buku-buku dan peralatan sekolah milik Yayasan Papua Harapan di Mamit. Hal yang sama juga dikatakan oleh Presiden GIDI, Pendeta Dorman Wandikbo.

“Pesawat itu bawa alat-alat sekolah dan buku sekolah ke Mamit,” kata Pendeta Dorman Wandikbo, dilansir dari jubi.co.id, Kamis (14/3).

1. Pesawat jatuh pukul 06.29 waktu setempat

Pesawat MAF yang Jatuh di Sentani Membawa Buku untuk Anak-anak PapuaDanau Sentani (Pixabay/msanprasdo)

Diberitakan sebelumnya oleh IDN Times, pesawat model Cessna K100 milik Mission Aviation Fellowship jatuh di Danau Sentani, Papua pada Selasa (12/5) pukul 06.29 WIT. Direktur Jenderal Perhubungan Udara, Novie Riyanto, menjelaskan kronologi jatuhnya pesawat tersebut.

“Berdasarkan informasi awal, sesaat setelah take-off dari Bandara Sentani pukul 06.27 WIT, pesawat menyatakan "May Day” dan meminta Return to Base (RTB) dan kemudian hilang pada monitor radar pada ketinggian 900 kaki,” ujar Novie Riyanto melalui keterangan tertulis yang diterima IDN Times, Selasa (12/5).

Baca Juga: Kronologi Jatuhnya Pesawat Cessna K100 Milik MAF di Danau Sentani

2. Saat ini masih menunggu hasil investigasi

Pesawat MAF yang Jatuh di Sentani Membawa Buku untuk Anak-anak PapuaIlustrasi Pesawat (IDN Times/Arief Rahmat)

Dia mengatakan bahwa, pihaknya masih menunggu hasil investigasi lanjut dari Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT).

Novie menjelaskan bahwa ketika mengalami kecelakaan, pesawat tersebut sedang melayani penerbangan tidak berjadwal dengan rute penerbangan Sentani (WAJJ) – Tolikara (WAVS). Serta sedang membawa muatan kargo dengan 1 orang kru pesawat, tanpa penumpang.

3. Jenazah Joyce Lin ditemukan di kedalaman 13 meter di Danau Sentani.

Pesawat MAF yang Jatuh di Sentani Membawa Buku untuk Anak-anak PapuaPESAWAT CESSNA K100 MILIK MISSION AVIATION FELLOWSHIP JATUH DI DANAU SENTANI (Dok. Kemenhub)

Kecelakaan pesawat tersebut menewaskan Captain Joyce Lin, berkewarganegaraan Amerika Serikat. Pada pukul 08.31 WIT, akhirnya tim SAR berhasil melakukan evakuasi terhadap pilot pesawat PK-MEC. Jenazah Joyce sendiri ditemukan di kedalaman 13 meter di Danau Sentani.

“Setelah ditemukannya koordinat lokasi kecelakaan, pilot ditemukan dalam kondisi meninggal. Selanjutnya, jenazah dibawa ke rumah sakit sebelum diserahkan kepada pihak MAF,” kata dia.

Baca Juga: Pilot Sempat Ucapkan Kata-Kata Ini Sebelum Pesawat MAF Jatuh

Topic:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria
  • Septi Riyani

Berita Terkini Lainnya