Comscore Tracker

Pilot Batik Air yang Pingsan Merasa Pusing Saat Kemudikan Pesawat

Sebelum menurunkan ketinggian, pilot merasa pusing dan lemas

Jakarta, IDN Times - Kepala Bagian Komunikasi Strategis Batik Air Danang Mandala Prihantoro mengakui, pilot Batik Air nomor penerbangan ID 6548  mengalami gangguan kesehatan dengan indikasi pusing berat sehingga membuat konsentrasi terpecah dan lemas saat mengemudikan pesawat tersebut.

"Sebelum menurunkan ketinggian, Pilot in Command (PIC) dalam hal ini pilot merasa adanya gangguan kesehatan dengan indikasi pusing berat sehingga membuat konsentrasi terpecah dan lemas," ujarnya dilansir dari Antara, Minggu (17/11).

1. Kru yang bertugas sesuai prosedur dan tindakan tepat

Pilot Batik Air yang Pingsan Merasa Pusing Saat Kemudikan Pesawat(Ilustrasi pesawat mendarat) Dok.IDN Times/Istimewa

Danang mengungkapkan, seluruh kru yang bertugas bekerja sudah berdasarkan prosedur dan tindakan yang tepat. Pilot mendapatkan pertolongan pertama.

Penerbangan ID-6548 dengan komando kopilot (first officer) dan menginformasikan bahwa akan mendarat dalam keadaan darurat (emergency landing).

"Kondisi ini sudah sesuai tindakan operasional penerbangan dalam buku manual," kata Danang.

2. PT. Angkasa Pura I Bandara Internasional El Tari Kupang menunggu hasil pemeriksaan KNKT

Pilot Batik Air yang Pingsan Merasa Pusing Saat Kemudikan PesawatKNKT

Sementara itu General Manager Bandara Internasional El Tari Kupang, Barata Singgih Riwahono mengatakan, PT. Angkasa Pura I Bandara Internasional El Tari Kupang masih menunggu hasil pemeriksaan dari Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) terkait pilot Batik Air nomor penerbangan ID 6548 yang pingsan saat mendarat darurat di bandara tersebut.

"Penyebab tidak sadarkan diri masih belum dapat dipastikan, menunggu pemeriksaan lebih lanjut oleh Komisi Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT)," terangnya.

3. Pilot sudah dirawat di RS Siloam

Pilot Batik Air yang Pingsan Merasa Pusing Saat Kemudikan PesawatIDN Times/Rangga Erfizal

Barata mengatakan saat ini pilot sudah dibawa ke RS Siloam untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut oleh dokter di RS tersebut sekaligus mendapatkan perawatan.

Usai pesawat tersebut mendarat, tim gabungan Angkasa Pura I Bandara El Tari didampingi dokter dari Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) langsung bertindak sigap untuk langsung membawa pilot ke RS tersebut.

"Walaupun pilot Batik Air mengalami kejadian tak sadarkan diri, tidak ada kejadian lain yang mengakibatkan timbulnya korban jiwa," terangnya

Baca Juga: [BREAKING] KNKT Selidiki Penyebab Pilot Batik Air Pingsan di Kupang

4. Pesawat Batik Air Jakarta Kupang mendarat darurat

Pilot Batik Air yang Pingsan Merasa Pusing Saat Kemudikan Pesawat(Ilustrasi) IDN Times/Hana Adi Perdana

Sebelumnya, Pesawat Batik Air Seri 320 nomor penerbangan ID 6548 dengan rute Jakarta-Kupang mendarat darurat di Bandara El-Tari Kupang, Minggu (17/11) siang.

Sejumlah petugas bandara langsung melarikan pilot Batik Air yang pingsan ke Rumah Sakit Siloam Kupang.

5. Pesawat Batik Air bergoyang di udara selama 30 menit

Pilot Batik Air yang Pingsan Merasa Pusing Saat Kemudikan Pesawat(Ilustrasi Pesawat Batik Air) Twitter.com/viddydrum

Satu di antara penumpang Batik Air tersebut, Libby Sinlaeloe, ketika dihubungi wartawan di Kupang membenarkan adanya pendaratan darurat pesawat tersebut di Bandara El Tari Kupang sekitar pukul 12.30 Wita.

"Betul penerbangan kami dengan Batik Air tadi mendarat darurat setelah 30 menit sebelumnya pesawat bergoyang-goyang di udara sebelum mendarat di Bandara El Tari Kupang," katanya.

Baca Juga: [BREAKING] Batik Air Mendarat Darurat di Kupang, Pilot Pingsan

Topic:

  • Dwifantya Aquina

Just For You