PMI Akan Salurkan Donasi Publik Rp1 Miliar untuk Rakyat Palestina

Selebgram Fadil himpun urundana di Kitabisa.com

Jakarta, IDN Times - Palang Merah Indonesia (PMI) akan menyalurkan donasi publik Rp1 miliar untuk rakyat Palestina secepatnya. Dana tersebut rencananya akan dimanfaatkan untuk membantu berbagai kebutuhan rakyat Palestina yang terdampak konflik.

Donasi kemanusiaan yang dihimpun melalui urun dana kitabisa.com oleh selebgram Fadil Jaidi tersebut diterima Ketua Umum PMI Jusuf Kalla (JK) di Markas Pusat PMI, Jalan Gatot Subroto, Jakarta, Rabu (19/5/2021).

"Kami berjanji akan menyalurkan dana tersebut hari ini juga ke Red Cresent Palestina," kata JK dalam keterangan tertulis yang diterima IDN Times.

1. PMI kerja sama dengan Komite Palang Merah Internasional

PMI Akan Salurkan Donasi Publik Rp1 Miliar untuk Rakyat PalestinaSeorang pria Palestina berdoa ketika polisi Israel berkumpul selama bentrokan di kompleks Masjid Al-Aqsa, Jumat (7/5/2021). (ANTARA FOTO/REUTERS/Ammar Awad)

Baca Juga: Jika Diminta PBB, Malaysia Siap Kirim Pasukan ke Palestina

JK menerangkan, PMI akan selalu menyatakan solidaritas internasionalnya kepada korban konflik, sebagai bagian dari gerakan Palang Merah dan Bulan Sabit Merah Internasional.

PMI akan menyalurkan bantuan dana dan logistik bekerja sama dengan Komite Palang Merah Internasional dan negara yang berkonflik.

"Sebagai bagian dari gerakan Palang Merah dan Bulan Sabit Merah Internasional, PMI akan mengerahkan upaya untuk warga terdampak konflik di luar negeri. Tentu ini dilakukan bila diperlukan dan atas kerja sama dengan pemerintah dan Palang Merah setempat," terangnya.

2. Kebutuhan mendesak perbaikan fasilitas kesehatan dan pangan

PMI Akan Salurkan Donasi Publik Rp1 Miliar untuk Rakyat PalestinaPMI akan menyalurkan donasi publik Rp1 miliar ke rakyat Palestina. (dok. PMI)

Untuk bantuan dana dari urun dana publik kitabisa.com, kata JK, akan disesuaikan dengan kebutuhan warga terdampak konflik di Palestina. Berdasarkan laporan Bulan Sabit Merah Palestina, kebutuhan mendesak saat ini adalah perbaikan atau peningkatan fasilitas kesehatan serta pemenuhan kebutuhan pangan warga terdampak konflik.

JK juga menyampaikan terima kasih kepada para dermawan serta kitabisa.com atas upayanya menghimpun dana kemanusiaan tersebut. Kepercayaan terhadap PMI sebagai organisasi kemanusiaan ini, lanjutnya, akan dijalankan dengan sepenuh hati.

“Kita bangga kepada anak-anak muda Indonesia yang memiliki pengaruh baik. Melalui Kita Bisa para influencers berhasil mengajak para donatur untuk menunjukkan solidaritasnya kepada sesama manusia, di mana pun berada," imbuhnya.

3. Perempuan dan anak-anak mendominasi jumlah korban meninggal

PMI Akan Salurkan Donasi Publik Rp1 Miliar untuk Rakyat PalestinaAnak Palestina menarik gerobak yang ditumpangi saudaranya saat mengungsi dari konflik bersenjata Israel dan milisi Palestina di Jalur Gaza, Palestina, Jumat (14/5/2021). (ANTARA FOTO/REUTERS/Mohammed Salem/foc.)

Seperti diketahui, PMI tidak hanya berperan dalam penanggulangan bencana, tapi juga berperan aktif dalam penanggulangan korban konflik.

"Dua bidang yang kami jalankan atas kepercayaan publik tersebut akan terus kami jaga," imbuh Jk.

Diketahui, ribuan warga sipil di Jalur Gaza, Palestina, terdampak konflik antara Hamas dan Israel yang kembali terjadi beberapa pekan ini. Dilaporkan, sedikitnya 212 warga Palestina dan 10 warga Israel meninggal dunia akibat konflik tersebut, perempuan dan anak-anak mendominasi.

Baca Juga: Perjuangan Perempuan Turun ke Jalan di Tengah Konflik Israel-Palestina

Topik:

  • Jihad Akbar

Berita Terkini Lainnya