PMI Terjunkan Armada Disinfeksi di Zona Merah

PMI siap berikan dukungan logistik

Jakarta, IDN Times - Penguatan dukungan operasi di Jawa Tengah dilakukan Palang Merah Indonesia (PMI) menyusul kenaikan kasus COVID-19 di sejumlah daerah.

Ketua Umum PMI, Jusuf Kalla menerangkan, selain penyiagaan personel dan pengiriman logistik, PMI akan mengalihoperasikan sejumlah armada disinfeksi (gunner) ke wilayah-wilayah zona merah. Armada tersebut, lanjutnya, akan didukung tim disinfeksi yang menyisir pemukiman serta fasilitas publik.

"Dalam rapat koordinasi, para kepala markas, khususnya yang di Jawa Tengah, sudah kami instruksikan untuk penguatan operasi. Kami juga di Markas Pusat akan menyediakan logistik yang diperlukan," terang JK dalam siaran tertulis yang diterima IDN Times, Kamis (9/6/2021).

Sejauh ini, dukungan logistik yang telah dikirim di antaranya masker medis, masker kain, alat penyemprot disinfektan, baju hazmat, sarung tangan, serta pail kaporit.

Baca Juga: COVID-19 Naik 1.085 Kasus, Aktivitas Masyarakat Semarang Dibatasi

1. Sejumlah kepala markas PMI siagakan posko-posko penyekatan

PMI Terjunkan Armada Disinfeksi di Zona MerahPMI perkuat logistik antisipasi lonjakan kasus COVID-19. (dok. PMI)

Sekretaris Jenderal PMI Sudirman Said menambahkan, sejumlah kepala markas PMI diinstruksikan menyiagakan jajarannya di posko-posko penyekatan mikro maupun makro. Mereka diminta aktif melaksanakan promosi kesehatan serta membagikan perlengkapan perlindungan diri ke masyarakat setempat.

"Bukan hanya di Jawa Tengah tapi daerah lain juga berpotensi ada kenaikan. Kita harus antisipasi lebih dini lonjakkan itu," terangnya.

Baca Juga: Palang Merah: Pemberian Vaksin COVID yang Tidak Merata Bisa Berbahaya

2. Relawan bersiap siaga

PMI Terjunkan Armada Disinfeksi di Zona MerahPMI perkuat logistik antisipasi lonjakan kasus COVID-19. (dok. PMI)

Selain mengimbau kesiapsiagaan sejumlah daerah, Sudirman juga mengimbau Relawan bersiap siaga menyusul rencana pembelajaran tatap muka (TPM) di sejumlah wilayah.

Melalui Surat Edaran bernomor 0698/PB/VI.2021, Sudirman mengimbau para pengurus PMI daerah aktif berkoordinasi dengan Satgas COVID-19 di wilayah setempat. Relawan juga diminta memetakan peran dalam rencana tersebut.

 

3. Kapasitas relawan sebaiknya mumpuni

PMI Terjunkan Armada Disinfeksi di Zona MerahPMI perkuat logistik antisipasi lonjakan kasus COVID-19. (dok. PMI)

Sudirman melanjutkan, tugas dan fungsi relawan yang telah disepakati hendaknya juga didukung dengan kapasitas relawan yang mumpuni. Begitu juga dengan jejaring relawan di sekolah, Sudirman meminta pelibatan PMR dan guru PMR dalam upaya memastikan protokol kesehatan dipatuhi di lingkungan sekolah.

"Maksimalkan spraying disinfektan ke sekolah-sekolah. Juga pastikan protokol kesehatan dipatuhi dalam semua aktivitas PMI," imbuhnya.

Baca Juga: PMI Siap Kirim 1.000 Kantong Darah untuk Palang Merah Lebanon

Topik:

  • Hana Adi Perdana

Berita Terkini Lainnya