Comscore Tracker

Positif COVID-19 Eks Menpora Abdul Gafur Dimakamkan di Pondok Ranggon 

Seharusnya dimakamkan di Taman Makam Pahlawan Kalibata

Jakarta, IDN Times - Mantan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Abdul Gafur meninggal dunia karena COVID-19, Jumat (4/9/2020).

Politisi Golkar Agung Laksono mengungkapkan, berdasarkan informasi ajudan yang diterimanya, dari hasil tes swab almarhum Abdul Gafur positif COVID-19.

"Dari hasil laporan ajudan gitu," ujar Agung saat dihubungi IDN Times.

Baca Juga: [BREAKING] Kabar Duka, Mantan Menpora Abdul Gafur Meninggal Dunia  

1. Almarhum semestinya berhak dimakamkan di TMP Kalibata

Positif COVID-19 Eks Menpora Abdul Gafur Dimakamkan di Pondok Ranggon Taman Makam Pahlawan Nasional Utama di Kalibata, Jakarta (IDN Times/Axel Harianja)

Agung mengatakan, sebenarnya almarhum merupakan penerima Bintang Mahaputera Adipradana, sehingga berhak dimakamkan di Taman Makam Pahlawan Kalibata.

"Namun, beliau meninggal karena covid maka dimakamkan di TPU Pondok Ranggon," imbuhnya.

2. Pemakaman almarhum di TPU Pondok Ranggon sesuai prosedur COVID-19

Positif COVID-19 Eks Menpora Abdul Gafur Dimakamkan di Pondok Ranggon Menggunakan sarung tangan, petugas TPU mengangkat peti jenazah yang dibungkus plastik keluar dari ambulans. (IDN Times/Candra Irawan)

Sebelumnya beredar kabar bahwa jenazah mantan Menpora Dr Abdul Gafur akan dimakamkan di Taman Makam Pahlawan. Namun setelah diketahui almarhum positif COVID-19, pemakaman dialihkan ke TPU Pondok Ranggon, Jakarta Timur.

Hal ini juga dipertegas dengan video pemakaman almarhum di TPU Pondok Ranggon yang dilakukan sesuai prosedur COVID-19.

3. Almarhum Abdul Gafur meninggal di RSPAD Gatot Soebroto

Positif COVID-19 Eks Menpora Abdul Gafur Dimakamkan di Pondok Ranggon IDN Times/Gregorius Aryodamar P

Kabar meninggalnya Abdul Gafur diungkapkan mantan Menpora Roy Suryo di Twitter. "Innalilahi wa innailaihi roji'un ...Senior saya, Mantan Menpora di era Orde Baru, Dr. Abdul Gafur (Lahir di Halmahera 20/06/39 usia 81th)," tulis Roy.

Pria kelahiran Maluku Utara pada 20 Juni 1939 itu meninggal dunia di ICU RSPAD Gatot Soeborto. Abdul mengemban jabatan Menpora pada 1983 hingga 1988. Sebelumnya dia juga pernah menjabat sebagai Menteri Muda Urusan Pemuda pada 1978 hingga 1983.

Baca Juga: Ketua IDI Papua Meninggal karena COVID-19, Istri Peluk Peti Jenazah

Topic:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya