Comscore Tracker

Prajurit TNI Evakuasi Korban Banjir Setinggi 1,5 Meter di Bekasi 

Banyak lansia dan anak-anak yang membutuhkan pertolongan

Jakarta, IDN Times - Sebanyak 35 personel TNI dari Batalyon Infanteri Mekanis 202, membantu proses evakuasi warga yang terjebak banjir di Kompleks Duta Indah Bekasi, Jawa Barat, Selasa (25/2).

Pantauan IDN Times, para personel TNI itu berjibaku membantu warga keluar dari banjir setinggi 1 sampai 1,5 meter yang mengepung rumah mereka sejak subuh.

Tidak hanya evakuasi dengan perahu karet, TNI juga membantu menggendong sejumlah balita dan lansia karena jumlah perahu yang terbatas.

Perwira TNI Bayu Habriantoro menjelaskan, pihaknya sudah mulai mengevakuasi warga sejak pukul 08.00 pagi. Dia mengatakan, masih banyak lansia dan anak-anak yang membutuhkan pertolongan.

"Tadi pagi banyak yang memilih bertahan, namun semakin siang air semakin naik jadi mereka minta dikeluarkan," ujarnya.

Menurut Bayu, proses evakuasi warga membutuhkan waktu lebih lama karena arus air limpahan dari Sungai Cikeas begitu deras.

Petugas keamanan Perumahan Duta Indah, Achmadi mengatakan, bantuan saat ini masih dari TNI dan kelurahan, dan belum ada bantuan dari petugas BPBD.

"Belum ada petugas SAR baru bapak TNI ini, malah tiap banjir kayaknya bapak TNI yang bantu," ungkapnya.

Hal yang sama diucapkan nenek Amri (67), yang berhasil diselamatkan TNI dari banjir. "Awal tahun lalu juga dibantu TNI, terima kasih bapak TNI," imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Banjir (BPBD) Kota Bekasi Diky Sapta mengatakan, pihaknya masih fokus menangani evakuasi di Bumi Nasio.

Dia mengklaim sudah mengirimkan beberapa petugas ke lokasi. '"Personel saya menuju ke sana," ujarnya.

Baca Juga: PLN Padamkan Listrik di Sejumlah Lokasi Akibat Banjir, Ini Daftarnya

Topic:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya