Prasetyo Edi dan 4 Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta Dilantik 

DPRD DKI Jakarta akan fokus tangani banjir dan macet

Jakarta, IDN Times - Lima pimpinan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) DKI Jakarta periode 2019-2024 dilantik di Ruang Paripurna Lantai 3, Gedung DPRD DKI Jakarta, Senin (14/10) sore. Acara pelantikan ditandai dengan pengambilan sumpah jabatan kelima pimpinan DPRD DKI Jakarta tersebut.

Pelantikan dipimpin oleh Ketua Pengadilan Tinggi DKI Jakarta Sunaryo. Kelima pimpinan DPRD yang dilantik adalah Ketua DPRD DKI Prasetyo Edi Marsudi dari Fraksi PDIP, dan empat orang wakil ketua yakni M. Taufik dari Gerindra, Abdurrahman Suhaimi dari PKS, Misan Samsuri dari Demokrat, dan Zita Anjani dari PAN.

Baca Juga: Telisik Harta Kekayaan Pimpinan DPRD DKI 2019-2024, Siapa Terkaya?

1. Pekerjaan rumah DPRD periode lalu bisa diselesaikan

Prasetyo Edi dan 4 Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta Dilantik IDN Times/Dini Suciatiningrum

Usai dilantik, Ketua DPRD DKI Prasetyo Edi Marsudi langsung membuka rapat paripurna pertama di awal kerja periode 2019-2024.

Prasetyo mengharapkan pekerjaan rumah DPRD DKI Jakarta periode 2014-2019 bisa diselesaikan dalam periode ini, seperti pembentukan Alat Kelengkapan Dewan (AKD) hingga Wagub DKI Jakarta, serta bisa bekerja sama dengan pihak eksekutif dengan lebih baik.

"Dengan pengambilan sumpah ini, lengkaplah sudah DPRD DKI Jakarta periode 2019-2024. Semoga pekerjaan rumah pada periode yang lalu dapat terselesaikan di periode saat ini, kami harap kerja sama antara DPRD dan Pemprov DKI Jakarta semakin baik untuk kemajuan Jakarta," ucap Prasetyo.

 

2. Macet dan banjir masih jadi prioritas

Prasetyo Edi dan 4 Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta Dilantik IDN Times/Hana Adi Perdana

Di awal kerja periode kedua kepemimpinannya, Prasetyo akan memprioritaskan masalah banjir dan macet yang masih menjadi pekerjaan rumah.

"Kemacetan dan banjir merupakan masalah yang serius. Masalah kemacetan ini harus ada solusinya. Jakarta sebenarnya tidak macet tapi Jakarta ini menjadi ikat pinggang Bekasi, Depok, Tangerang, dan tumpuan transportasi ke Jakarta, sehingga anggaran 2020 nanti akan kita prioritaskan untuk masalah tersebut," terangnya.

3. Anies minta masyarakat tetap bersatu

Prasetyo Edi dan 4 Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta Dilantik IDN Times/Gregorius Aryodamar

Sementara itu, Gubernur Anies Baswedan bersyukur, penyelenggaraan pemilihan umum serentak tahun 2019 telah berakhir dengan situasi yang nyaman dan aman.

Dia meminta masyarakat tetap bersatu, sebab hal tersebut merupakan tanggung jawab bersama sebagai pimpinan daerah khusus ibu kota.

"Insyaallah akan terus kita pertahankan," ucapnya.

4. Kepentingan masyarakat jadi prioritas

Prasetyo Edi dan 4 Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta Dilantik IDN Times/Dini Suciatiningrum

Anies berharap, perjuangan yang telah dilalui para pimpinan DPRD akan dilanjutkan secara konsisten dengan menempatkan kepentingan masyarakat sebagai prioritas utama, terutama kebijakan umum pembangunan kota Jakarta.

"Kami akan terus memperhatikan aspirasi dan tuntutan warga kota Jakarta, sejauh mana dengan masyarakat telah kita respons dan telah kita jadikan kenyataan. Pada sisi lain kita perlu terus menerus melanjutkan upaya pembangunan tata kelola pemerintahan yang baik, dengan mengedepankan proses yang lebih," uajr Anies.

Baca Juga: Jabat Ketua DPRD DKI Dua Periode, Ini Janji Prasetyo Edi untuk Jakarta

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya