Comscore Tracker

Prof Wiku soal Video Anji dan Hadi Pranoto: Cek Sumber yang Benar!

Jika belum ada uji klinis jangan konsumsi obat yang disebut

Jakarta, IDN Times - Juru Bicara Pemerintah untuk COVID-19 Prof Wiku Adisasmito angkat suara terkait pernyataan Hadi Pranoto dalam video wawancara dengan musisi kondang Erdian Aji Prihartanto alias Anji Manji di YouTube channel @duniaMANJI.

Wiku meminta agar obat herbal yang diklaim Hadi bisa menyembuhkan COVID-19 ini dicek ke BPOM atau Kementerian Kesehatan.

"Mengenai obat herbal, di Indonesia telah diatur tentang produk herbal berupa jamu, obat herbal terstandar, dan fitofarmaka. Silakan cek produk yang diklaim oleh yang bersangkutan apakah sudah terdaftar," ujarnya saat dihubungi IDN Times, Senin (3/8/2020).

1. Jika herbal masih tahap penelitian jangan konsumsi

Prof Wiku soal Video Anji dan Hadi Pranoto: Cek Sumber yang Benar!Unair.News

Wiku menambahkan bila ramuan herbal tersebut masih dalam tahap penelitian dan belum ada bukti ilmiah tentang keamanan dan efektivitasnya, maka tidak boleh dikonsumsi oleh masyarakat.

"Tidak boleh dikonsumsi jika belum ada bukti ilmiah," tegasnya.

Baca Juga: Disebut Beri Panggung Narasumber Tak Kredibel, Anji Salahkan Penonton

2. Check dan recheck pada sumber yang benar

Prof Wiku soal Video Anji dan Hadi Pranoto: Cek Sumber yang Benar!wawancara musisi kondang Erdian Aji Prihartanto alias Anji dengan Profesor, Hadi Pranoto/ tangkapan layar youtube@duniaMANJI

Wiku meminta agar jangan mudah percaya pada pemberitaan dan membagi berita yang isinya diragukan kebenarannya.

Bahkan, Wiku mengimbau agar figur publik dan tokoh masyarakat selalu berhati-hati terhadap sumber berita atau referensi sebelum menyebarkan pada publik.

"Silakan check dan recheck pada sumber yang benar dan ahlinya. Mengenai siapa saudara Hadi Pranoto, silakan ditelusuri apakah yang bersangkutan adalah seorang profesor atau peneliti, dari institusi perguruan tinggi atau riset mana seperti yang sedang beredar saat ini. Jangan cepat percaya" tegasnya.

3. Masyarakat diminta tenang hadapi COVID-19

Prof Wiku soal Video Anji dan Hadi Pranoto: Cek Sumber yang Benar!Pemain Arema FC, Muhammad Rafli Saat menjalani rapid test. IDN Times/ Alfi Ramadana

Wiku juga meminta agar masyarakat tenang serta bersama-sama bersatu menghadapi Covid. Utamakan menjalankan protokol kesehatan secara disiplin individu dan kolektif secara konsisten.

"Itulah cara yang paling efektif pada saat ini untuk mencegah tertular COVID-19. Untuk yang sakit serahkan pengobatannya pada para dokter di rumah sakit," ujarnya.

4. Hadi klaim obatnya dapat sembuhkan pasien COVID-19

Prof Wiku soal Video Anji dan Hadi Pranoto: Cek Sumber yang Benar!Profesor Hadi Pranoto/tangkapan layar youtube@duniaMANJI

Sebelumnya, Anji mengunggah video wawancara dengan Hadi Pranoto di Lampung pada Jumat 31 Juli 2020. Video tersebut sempat jadi trending topic sebab Hadi Pranoto mengklaim telah menemukan obat antibodi COVID-19.

Tidak main-main Hadi juga menyatakan bahwa obat antibodi COVID-19 sudah menyembuhkan ribuan pasien COVID-19 dalam waktu 10 sampai 20 jam.

"Alhamdullilah kita sudah bagikan hampir 250 ribu (obat antibodi COVID-19) sudah bagikan ke masyarakat, sudah konsumsi dan alhamdulillah yang terinfeksi sudah sembuh," ujar Hadi dalam akun YouTube @duniamanji yang dilansir IDN Times, Minggu (2/8/2020).

Hadi memaparkan obat antibodi COVID-19 ini merupakan cairan hitam mengandung beberapa bahan yang bisa membunuh COVID-19. Semua bahan yang digunakan tersedia di Indonesia.

"Jadi antibodi COVID-19 ini kita buat bertujuan untuk menyelamatkan saudara-saudara kita yang yang terinfeksi COVID-19, ini emergency kemanusiaan maka kita lakukan kegiatan ini agar saudara-saudara kita terhindar dari COVID-19," ucapnya.

5. YouTube hapus video Anji

Prof Wiku soal Video Anji dan Hadi Pranoto: Cek Sumber yang Benar!Video Viral Milik Anji (Instagram.com/duniamanji)

YouTube telah menghapus video wawancara tersebut karena dinilai melanggar persyaratan YouTube.

Video yang diunggah berjudul ’BISA KEMBALI NORMAL? OBAT COVID 19 SUDAH DITEMUKAN!!’ sudah tidak bisa tersedia di kanal YouTube duniamanji milik Anji.

YouTube's community guidelines (video itu telah dihapus karena melanggar persyaratan layanan YouTube)

Belum ada keterangan terkait take down YouTube pada konten video wawancara tersebut.

Baca Juga: Bikin Resah, YouTube Turunkan Video Anji soal Obat COVID-19!

Topic:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya