Comscore Tracker

Progres Vaksin Merah Putih Sudah 50 Persen, Semoga Cepat Rampung

Vaksin Merah Putih kemungkinan diserahkan ke industri Maret 

Jakarta, IDN Times - Kepala Lembaga Biologi Molekular (LBM) Eijkman Amin Soebandrio mengungkapkan, saat ini progres pembuatan vaksin Merah Putih masih 50 persen.

“Saat ini kami tinggal menunggu protein yang akan diekskresikan oleh sel mamalia. Paralel kami juga akan menggunakan sel mamalia mana yang lebih efektif dan efisien, nantinya akan berlanjut uji klinis pada hewan dua atau tiga bulan lagi," kata Amin dalam Digital Media Briefing bertema Dukungan untuk Percepatan Penelitian Vaksin COVID-19, Kamis (3/9/2020).

1. Vaksin Merah Putih kemungkinan diserahkan ke industri Maret 2021

Progres Vaksin Merah Putih Sudah 50 Persen, Semoga Cepat RampungIlustrasi (Dok. Biro Hukum, Kerja Sama, dan Humas BPPT)

Lembaga Eijkman diharapkan bisa melakukan proses penelitian dengan cepat. Dijadwalkan bisa selesai dalam waktu 12 bulan atau sekitar Febuari hingga Maret 2021, vaksin Merah Putih bisa diberikan ke industri.

"Kami berupaya bisa cepat. Artinya apabila ada prosedur apapun yang bisa diperpendek akan kami lakukan, termasuk penggunaan berbagai peralatan lab termasuk supply peralatan dan reagen," ujar Amin.

Baca Juga: Eijkman Targetkan Vaksin Merah Putih Uji Coba Hewan 2-3 Bulan Lagi

2. Percepatan pembuatan vaksin harus didukung teknologi mumpuni

Progres Vaksin Merah Putih Sudah 50 Persen, Semoga Cepat RampungWawancara dengan Kepala Lembaga Eijkman, Amin Subandriyo di IDN Media HQ (IDN Times/Besse Fadhilah)

Untuk itu, kata Amin, percepatan pembuatan vaksin COVID-19 juga harus didukung dengan teknologi mumpuni. Dia mengapresiasi dukungan perusahaan sains dan teknologi Merck Indonesia, yang telah mendonasikan peralatan dan material riset senilai Rp1,2 miliar. 

"Kami sangat mengapresiasi dukungan Merck Indonesia dalam hal pengadaan peralatan dan material riset yang mendukung kami, dalam mengembangkan vaksin COVID-19 di Indonesia," kata dia.

3. Eijkman dapat dukungan dari Merck

Progres Vaksin Merah Putih Sudah 50 Persen, Semoga Cepat RampungMerck hari ini serahkan donasi ke Lembaga Eijkman pada Kamis (3/9/2020) (Dok. Merck Indonesia)

President Director PT Merck Chemicals and Life Sciences Christopher Thomas mengatakan, dalam rangka perayaan ulang tahun ke-50 Merck di Indonesia, pihaknya senang dapat berperan dalam mendukung Indonesia mengalahkan COVID-19.

Christopher mengatakan Merck menyediakan produk dan layanan yang sangat penting, dan memberikan solusi bagi para ilmuwan untuk mendeteksi dan mengkarakterisasi virus, serta mengembangkan vaksin dan terapi untuk memacu pengembangan vaksin.

"Yang dilakukan oleh Lembaga Eijkman sangat penting dan kami berkomitmen untuk mendukungnya," kata dia.

Baca Juga: [LINIMASA] Perkembangan Terbaru Vaksin COVID-19 di Dunia

Topic:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya