Rachel Vennya Dikabarkan jadi Duta Karantina, Kemenkes Buka Suara

Rachel Vennya jadi sorotan usai kabur dari Wisma Atlet

Jakarta, IDN Times - Jagad media sosial kembali dihebohkan dengan kabar bahwa Selebgram Rachel Vennya bakal menjadi duta karantina usai terkonfirmasi kabur dari Wisma Atlet Pademangan.

Dalam sebuah akun gosip Twitter, Rachel Vennya akan memberikan penyuluhan soal vaksin dan karantina sebagai sanksi pelanggaran.

"Teteh dapat info nih. Kabarnya dia dan oknum yang bersangkutan bakal dijadikan duta, nanti diberikan tugas memberikan penyuluhan tentang vaksin, karantina, menjaga daya tahan tubuh, dll," demikian potongan tangkapan layar di Twitter yang viral tersebut.

Baca Juga: Polda Metro Bakal Periksa Rachel Vennya pada Kamis 21 Oktober 2021

1. Kememkes tidak ada rencana angkat duta karantina

Rachel Vennya Dikabarkan jadi Duta Karantina, Kemenkes Buka SuaraRachel Vennya (instagram.com/rachelvennya)

Menanggapi hal tersebut, Juru Bicara Vaksinasi COVID-19 Siti Nadia Tarmizi menegaskan sampai saat ini Kementerian Kesehatan tidak ada rencana untuk mengangkat Rachel jadi duta.

"Tetapi kalau yang bersangkutan mau mengedukasi dengan sukarela akan sangat baik," ujarnya saat dihubungi IDN Times, Minggu (17/10/2021).

Baca Juga: Menkes Budi: Rachel Vennya Harus Kembali Dikarantina dan Dihukum

2. Rachel Vennya akan diperiksa Polisi pada Kamis (21/10/2021) mendatang

Rachel Vennya Dikabarkan jadi Duta Karantina, Kemenkes Buka SuaraKabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Yusri Yunus (IDN Times/Axel Joshua Harianja)

Sementara, Polda Metro Jaya berencana memeriksa selebgram Rachel Vennya pada Kamis (21/10/2021). Rachel akan dimintai keterangan terkait dugaan kabur saat menjalani karantina di Wisma Atlet Pademangan usai berlibur dari Amerika Serikat. 

"Hari Senin (18/10/2021) kita layangkan surat undangan untuk hari Kamis kita ambil keterangan," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusri Yunus dikutip dari ANTARA, Sabtu (16/10/2021).

Ia berharap Rachel dapat kooperatif dan memenuhi panggilan pemeriksaan tersebut.

3. Oknum TNI yang bantu Rachel kabur dinonaktifkan

Rachel Vennya Dikabarkan jadi Duta Karantina, Kemenkes Buka SuaraTampak Wisma Atlet yang akan digunakan sebagai tempat isolasi pasien COVID-19 (ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra)

Sebelumnya, Kepala Penerangan Kodam Jaya Kolonel Arh Herwin BS mengungkapkan ada seorang prajurit TNI yang membantu Rachel kabur dari karantina. Prajurit berinisial FS tersebut kini sudah dinonaktifkan.

“Yang bersangkutan sudah dinonaktifkan untuk dikembalikan ke kesatuan," ungkap Herwin kepada media di Jakarta, Jumat (15/10/2021). 

Ia menambahkan, dalam pemeriksaan oleh staf intel, akan turut digali motif FS yang memilih nekad membantu Rachel kabur.

Dalam pemeriksaan sementara, prajurit FS mengaku tak mendapatkan imbalan dalam membantu Rachel. Ia mengatakan, bila terbukti bersalah, maka FS bisa dikenai hukuman pidana.

"Dari awal ini sudah ditanyakan kepada yang bersangkutan. Ia mengaku tidak menerima imbalan," tutur dia. 

Sementara itu, Herwin mengatakan pemeriksaan Rachel diserahkan kepada pihak kepolisian. Sebab Rachel merupakan masyarakat sipil.

"Karena ranah sipil, dari Kodam Jaya akan dilimpahkan masalahnya ke polisi," kata dia.

Baca Juga: Wagub DKI Prihatin, Selebgram Rachel Vennya Harusnya Jadi Teladan

Topik:

  • Hana Adi Perdana

Berita Terkini Lainnya