Rekam Jejak Irjen Fadil Imran, Bekuk Hercules hingga Saracen

Fadil Imran dipromosi menjadi Kabaharkam Polri

Jakarta, IDN Times - Irjen Pol Muhammad Fadil Imran akhirnya menanggalkan tongkat komando Kapolda Metro Jaya setelah Kapolri Jenderal Listyo Sigit melakukan mutasi besar-besaran di lingkungan Polri.

Fadil Imran dimutasi sebagai Kepala Badan Pemeliharaan Keamanan (Kabaharkam) Polri. Mutasi tersebut termuat dalam Surat Telegram Rahasia Kapolri Nomor ST/713/III/KEP/2023 tertanggal 27 Maret 2023.

Kadiv Humas Polri, Irjen Pol Dedi Prasetyo membenarkan mutasi tersebut.

“Mutasi Pati dan Pamen Polri Bulan Maret 2023,” kata Dedi kepada IDN Times, Rabu (29/3/2023).

Lalu seperti apa sepak terjang Irjen Fadil Imran? Berikut rekam jejaknya selama berkarier di Polri.

1. Fadil Imran lulusan Akpol 1991 yang memiliki karier cemerlang di kepolisian

Rekam Jejak Irjen Fadil Imran, Bekuk Hercules hingga SaracenKapolda Metro Jaya, Irjen Pol. Fadil imran (Dok. Humas Polda Metro Jaya)

Keputusan Kapolri Jenderal Listyo Sigit mengangkat Fadil Imran sebagai Kepala Badan Pemeliharaan Keamanan (Kabaharkam) Polri tertuang dalam Surat Telegram Rahasia Kapolri Nomor ST/713/III/KEP/2023 tertanggal 27 Maret 2023.

Fadil merupakan lulusan Akpol 1991 ini berpengalaman dalam bidang reserse. Pria kelahiran di Makassar, Sulawesi Selatan pada 14 Agustus 1968 ini memiliki karier yang cemerlang di kepolisian.

Pada 2008, Fadil Imran menjabat sebagai Kasat III Ditreskrimum Polda Metro Jaya. Kemudian, di tahun yang sama dia dipindahkan menjadi Kapolres KP3 Tanjung Priok.

Fadil kemudian ditugaskan sebagai Kasubdit IV Dittipidum Bareskrim Polri pada 2011. Masih pada tahun yang sama, dia kemudian menduduki jabatan Direktur Ditreskrimum Polda Kepri.

Dua tahun kemudian, pada 2013, dia menjabat sebagai Kapolres Metro Jakbar. Selanjutnya, pada 2015, dia dipindah untuk menduduki jabatan Analis Kebijakan Madya (Anjak Madya) Bidang Pidum Bareskrim Polri.

Setahun kemudian, pada 2016, Fadil menjabat sebagai Direktur Ditreskrimsus Polda Metro Jaya. Pada 2019, dia menjabat sebagai Staf Ahli Sosial Budaya (Sahli Sosbud) Kapolri hingga 2020, sebelum akhirnya dimutasi menjadi Kapolda Jatim dan kini didapuk menjabat sebagai Kapolda Metro Jaya.

Baca Juga: Profil Irjen Fadil Imran, Kabaharkam Baru yang Keturunan Raja Gowa

2. Bekuk Hercules saat masih menjabat sebagai Kapolres Metro Jakarta Barat

Rekam Jejak Irjen Fadil Imran, Bekuk Hercules hingga SaracenKapolda Metro Jaya Irjen Pol Mohammad Fadil Imran (Dok. Humas Polda Metro Jaya)

Saat menjabat sebagai Kapolres Jakarta Barat, Fadil membentuk Tim Pemburu Preman pada 2013. Tujuannya adalah untuk memberantas premanisme yang sering terjadi di wilayah Jakarta Barat. Tim Pemburu Preman terdiri dari 30 anggota Satuan Reserse Kriminal Polres Jakarta Barat.

Kasus terkenal yang dia tangani adalah penangkapan Hercules Rozario Marshal pada 9 Juli 2013. Hercules dikenal sebagai preman Tanah Abang asal Timor Timur yang kerap terlibat dalam kasus-kasus kriminal ibu kota dan ditakuti oleh banyak orang.

"Tersangka ditangkap berdasarkan hasil pengembangan kasus sebelumnya yang melibatkan Hercules," kata Fadil Imran yang saat itu menjabat sebagai Kepala Polres Metro Jakarta Barat, dilansir dari ANTARA.

Fadil menuturkan polisi memiliki alat bukti yang cukup untuk menangkap dan menjerat terkait dugaan tindak pidana yang dilakukannya. Berdasarkan hasil penyelidikan selama tiga bulan, polisi menduga yang bersangkutan terlibat kasus pemerasan sejak 2006.

3. Mengungkap kasus sindikat Saracen dan Muslim Cyber Army

Rekam Jejak Irjen Fadil Imran, Bekuk Hercules hingga SaracenIlustrasi Hacker (IDN Times/Arief Rahmat)

Salah satu kasus yang berhasil dibongkar Fadil dan sempat menjadi sorotan adalah penangkapan sindikat Saracen yang aktif menyebarkan berita bohong bernuansa SARA di media sosial berdasarkan pesanan. Ketika menjabat Direktur Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri, Fadil juga mengungkap Muslim Cyber Army (MCA).

Polisi menyebut Saracen sebagai sindikat penyedia jasa konten kebencian di media sosial. Kelompok ini memanfaatkan isu SARA yang merebak menjelang hingga pasca-Pemilihan Gubernur DKI Jakarta 2017. 

4. Riwayat jabatan Irjen Muhammad Fadil Imran

Rekam Jejak Irjen Fadil Imran, Bekuk Hercules hingga SaracenKapolda Metro Jaya Irjen Pol Mohammad Fadil Imran (Dok. Humas Polda Metro Jaya)

Berikut ini riwayat jabatan Irjen Muhammad Fadil Imran

  • Kasat III Dit Reskrimum Polda Metro Jaya
  • Kapolres KP3 Tanjung Priok (2008)
  • Wadir Reskrimum Polda Metro Jaya (2009)
  • Kasubdit IV Dittipidum Bareskrim Polri (2011)
  • Dirreskrimum Polda Kepri (2011)
  • Kapolres Metro Jakarta Barat (2013)
  • Anjak Madya Bidang Pidum Bareskrim Polri (2015)
  • Dirreskrimsus Polda Metro Jaya (2016)
  • Wadirtipideksus Bareskrim Polri (2016)
  • Dirtipid Siber Bareskrim Polri (2017)
  • Dirtipidter Bareskrim Polri (2018)
  • Sahlisosbud Kapolri (2019)
  • Kapolda Jawa Timur (2020)
  • Kapolda Metro Jaya (2020)

Baca Juga: Profil Irjen Karyoto Kapolda Metro Jaya yang Gantikan Fadil Imran

Topik:

  • Dwifantya Aquina
  • Jumawan Syahrudin
  • Septi Riyani

Berita Terkini Lainnya