Risma Berikan Santunan 125 Ahli Waris Korban Tewas Tragedi Kanjuruhan

Masing-masing ahli waris menerima santunan Rp15 juta

Jakarta, IDN Times - Menteri Sosial Tri Rismaharini menjenguk dan memberikan santunan kepada ahli waris korban tewas dalam tragedi Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur.

Risma memberikan santunan kepada 125 ahli waris yang terdata per Senin (3/10/2022) di Kota dan Kabupaten Malang, yang menjadi korban peristiwa berdarah pada Sabtu, 1 Oktober 2022 malam itu.

"Data ini terus bergerak sesuai perkembangan di lapangan," ujar Risma melalui video yang dibagikan, Senin (3/10/2022).

Baca Juga: Pemerintah Gratiskan Biaya Pengobatan Semua Korban Tragedi Kanjuruhan

1. Masing-masing ahli waris menerima santunan Rp15 juta

Risma Berikan Santunan 125 Ahli Waris Korban Tewas Tragedi KanjuruhanMensos Tri Rismaharini memberikan santunan korban tragedi kerusuhan Kanjuruhan di Kecamatan Singosari, Malang, Jawa Timur. (dok. Kemensos)

Risma mengungkapkan masing-masing ahli waris menerima santunan Rp15 juta dan paket sembako berupa beras 5 kilogram, minyak 2 liter, kecap, saus sambal, susu kental manis, biskuit, sarden, kopi, dan teh.

Selain santunan ahli waris, Kemensos juga telah bergerak membantu evakuasi korban di stadion saat kerusuhan terjadi, melalui Pelopor Perdamaian (Pordam) dan Taruna Siaga Bencana (Tagana), dilanjutkan dengan pendataan ahli waris korban meninggal dunia.

2. Jokowi perintahkan Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) hentikan sementara Liga 1

Risma Berikan Santunan 125 Ahli Waris Korban Tewas Tragedi KanjuruhanSuasana Stadion Kanjuruhan pada Senin (3/10/2022). (IDN Times/Gilang Pandutanaya)

Presiden Joko "Jokowi" Widodo memerintahkan Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) menghentikan sementara pertandingan Liga 1, atas tragedi yang menewaskan 129 orang itu.

"Saya juga memerintahkan PSSI untuk menghentikan sementara Liga 1 sampai evaluasi dan perbaikan prosedur pengamanan dilakukan," ujar Jokowi dalam konferensi pers virtual, Minggu (2/10/2022).

Baca Juga: Mahfud Minta Kapolri Segera Tangkap Pelaku Pemicu Tragedi Kanjuruhan

3. Ratusan orang meninggal dunia dan luka-luka dalam peristiwa berdarah di Stadion Kanjuruhan

Risma Berikan Santunan 125 Ahli Waris Korban Tewas Tragedi KanjuruhanEvakuasi para korban kerusuhan di Stadion Kanjuruhan, Malang. (IDN Times/Alfi Ramadana)

Jokowi juga telah memerintahkan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Kapolri, dan Ketua Umum PSSI untuk segera melakukan evaluasi.

"Khusus kepada Kapolri, saya minta investigasi dan mengusut tuntas kasus ini," ucap dia.

Sebelumnya, ratusan orang meninggal dunia dan luka-luka dalam peristiwa berdarah di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang, Sabtu (1/10/2022) malam.

Kabid Humas Polda Jawa Timur, Kombes Pol Dirmanto, menyebutkan saat ini ada 129 orang meninggal dunia dalam peristiwa itu.

"Yang terverifikasi 129 (meninggal dunia)," ujar Dirmanto kepada IDN Times, Minggu (2/10/2022).

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya