Risma Semangati Bocah Panti Korban Pelecehan Seksual di Jatim

Kondisi bocah kini sudah bisa tersenyum

Jakarta, IDN Times - Menteri Sosial Tri Rismaharini mengunjungi seorang anak berinisial HN yang merupakan korban kekerasan dan pelecehan seksual di Batu, Jawa Timur.

Perbincangan Risma dan HN berlangsung tertutup di salah satu ruangan di kantor UPT Perlindungan dan Pelayanan Sosial Petirahan Anak (UPT PPSPA) Batu, Jawa Timur, Minggu (28/11/2021).

Selama hampir satu jam, Risma memotivasi HN agar bersemangat dan meminta tidak berhenti belajar. Mensos juga menyerahkan peralatan sekolah yakni laptop untuk belajar, seragam sekolah, dan buku-buku inspiratif untuk menambah pengetahuan dan wawasan.

Baca Juga: Anak Panti Alami Kekerasan Seksual, Mensos Risma Surati Mabes Polri

1. Kondisi HN sudah bisa tersenyum kembali

Risma Semangati Bocah Panti Korban Pelecehan Seksual di JatimIlustrasi kekerasan seksual (IDN Times/Sukma Shakti)

Kepala UPT PPSPA Bima Sakti Kota Batu Dinas Sosial Provinsi Jawa Timur Yusmanu mengatakan, kondisi HN sudah membaik serta bisa tersenyum kembali. Meski demikian, dia belum berani bertemu dengan banyak orang.

"Jadi kondisi anak saat ini baik, tapi jangan banyak orang dulu, tadi sebelum ke sini masih labil. Yang jelas kondisi sudah membaik mulai tersenyum. Ada ibu, adiknya, dan ayah sambungnya di sini (UPT PPSPA) semua," kata Yusmanu dalam siaran tertulis, Senin (29/11/2021).

2. Kemensos beri dukungan psikolog

Risma Semangati Bocah Panti Korban Pelecehan Seksual di JatimMensos Tri Rismahrini memberi keterangan pers di Istana (Dok. Biro Pers Kepresidenan)

Untuk pemulihan trauma HN, Yusmanu mengatakan, Kementerian Sosial memberikan dukungan penuh dengan menugaskan psikolog dan tenaga Satuan Bhakti Pekerja Sosial (Sakti Peksos).

"Untuk keperluan trauma healing, sengaja tidak melibatkan banyak personel. Di sini kami dibantu, psikolog, ada Sakti Peksos. Mudah-mudahan kondisi HN segera pulih," ucapnya.

Baca Juga: [OPINI] Mampukah Kampus Menangkal Kekerasan Seksual?

3. Kemensos fokus psikologis korban

Risma Semangati Bocah Panti Korban Pelecehan Seksual di JatimIlustrasi (Pexels.com/Kat Jayne)

Dalam kesempatan yang sama, Kasubdit Anak yang Memerlukan Perlindungan Khusus Direktorat Anak Kementerian Sosial Agung Suhartoyo mengatakan, Mensos Risma terus memberikan semangat kepada HN agar dia bangkit dan ceria kembali.

"Instruksi Mensos sudah dari awal, yaitu memberikan perhatian penuh dengan kasus ini. Di sisi lain, Kemensos punya tanggung jawab untuk memastikan bahwa anak tersebut kembali normal," kata Agung.

Selain itu, Agung menegaskan, saat ini fokus Kemensos dalam kasus ini yakni pemulihan psikologis HN. Sehingga HN kembali normal dan diterima masyarakat.

"Apakah lewat rehabilitasi atau apapun yang penting anak itu membaik dan diterima oleh masyarakat, serta anak bisa belajar dan tumbuh kembang baik," ujarnya.

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya