Risma Tertawa Saat Diminta Jabat Mensos Seumur Hidup

Para lansia merasa bahagia di Hari Lanjut Usia Nasional

Jakarta, IDN Times - Peristiwa unik terjadi saat Menteri Sosial Tri Rismaharini melakukan teleconference dengan lanjut usia di 11 kecamatan di Kabupaten Dharmasraya dalam acara puncak Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) ke 27 di halaman Kantor Bupati Dharmasraya, Pulau Punjung, Dharmasraya, Provinsi Sumatra Barat.

Momen tersebut terjadi saat salah satu satu kakek penerima manfaat meminta Mensos untuk menjabat seumur hidup. 

“Ibu yang saya sayangi, permintaan saya Bu, Ibu jadi Menteri Sosial seumur hidup," ujar Sofyan SK (77) yang disambut gelak tawa oleh Risma dilihat dari YouTube Kemensos, Rabu (31/5/2023).

"Betul Bu, Kami rasakan kasih sayangnya seorang ibu kepada anaknya yang sudah di atas 60 tahun. Dia atas 60 tahun anak ibu masih diberi susu," kata Sofyan.

1. Risma menyapa para lansia

Risma Tertawa Saat Diminta Jabat Mensos Seumur HidupMenteri Tri Rismaharini dalam acara puncak Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) di Dharmasraya, Sumbar. (youtube.com/Kemensos RI)

Melalui layar digital, Mensos menyapa para lansia Mensos pun memanggil satu per satu kecamatan yang ada di Dharmasraya. Saat mengarah ke Kecamatan Koto Besar, seorang kakek ingin menyampaikan sesuatu kepada Mensos. 

"Kakek senyum dulu," kata Risma. 

Baca Juga: Mensos Risma soal Dugaan Korupsi Bansos Beras: Kejadiannya Tahun 2020

2. Lansia bahagia dapat bantuan

Risma Tertawa Saat Diminta Jabat Mensos Seumur HidupHari Lanjut Usia di Dharmasraya (dok. Kemensos)

Pria asal Jorong Ranah Mulya Nagari (Desa) Koto Gadang Kecamatan Koto Besar Kabupaten Dharmasraya itu mendapat bantuan sembako dan nutrisi dari Kemensos. 

Susu yang dimaksud adalah susu kalsium, penguatan tulang lansia. Ia mendapatkan bantuan lain berupa obat-obatan, pakaian, alat kebersihan diri, perlengkapan ibadah, dan tongkat kaki 3 (tripod). 

"Kami para lansia sangat bahagia. Kami sekali lagi mengharapkan Ibu Risma ini jangan mau jadi menteri yang lain, tapi jadi Menteri Sosial," tuturnya. 

3. Kemensos kucurkan sejumlah bantuan pada HLUN 2013

Risma Tertawa Saat Diminta Jabat Mensos Seumur HidupHari Lanjut Usia di Dharmasraya (dok. Kemensos)

Selain Kakek Sofyan, Camat Asam Jujuhan, Darul Kutni juga menuturkan bagaimana manfaat kegiatan HLUN Dharmasraya bagi warganya.

"Terutama operasi katarak. Kalau kami yang datang ke Rumah Sakit di Pulau Punjung, kami harus mengeluarkan biaya pribadi. Namun dengan adanya bantuan dari Kemensos, warga kami yang jaraknya 80 km dari Pulau Punjung bisa mendapatkan (fasilitas) operasi," katanya.

Dalam rangka HLUN 2023, Kemensos menyerahkan bantuan berupa 202 unit alat bantu dengar, 150 unit kursi roda, 347 unit tongkat, 630 unit kacamata baca, operasi katarak untuk 427 orang, kewirausahaan ATENSI untuk 89 orang, dan membangun 55 unit rumah sejahtera terpadu bagi lansia di Dharmasraya.

 

Baca Juga: Mensos Risma Turun Tangan Bantu Tukang Las Korban Ledakan Tabung Gas

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya