Rizieq Shihab Beberkan Kejadian yang Tewaskan 6 Anggota Laskar FPI

Rizieq tidak pernah menduga pelaku adalah pihak kepolisian

Jakarta, IDN Times - Pemimpin Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab akhirnya buka suara terkait tewasnya enam anggota laskar FPI saat bentrok dengan polisi di Tol Cikampek KM 50 pada Senin (7/12/2020) dini hari. Rizieq menegaskan bahwa kronologi yang disampaikan Dewan Pimpinan Pusat (DPP) FPI dan tertuang dalam keterangan pers adalah benar.

"Sekali lagi, saya sampaikan kronologis yang sudah dibuat oleh Dewan Pimpinan Pusat Front Pembela Islam, saya memberikan kesaksian sebagai salah satu korban saat kejadian bahwa isi keterangan pers itu benar," ujarnya dalam rekaman suara yang diterima IDN Times, Rabu (9/11/2020).

1. Rizieq mengira yang melakukan pengejaran adalah penjahat

Rizieq Shihab Beberkan Kejadian yang Tewaskan 6 Anggota Laskar FPIIDN Times/Arief Rahmat

Rizieq mengungkapkan pada Senin dini hari, beberapa mobil mengejarnya di jalan Tol Jakarta Cikampek. Mobil-mobil itu, kata Rizieq,  silih berganti berupaya untuk maju dan berusaha mencapai mobil yang ditumpanginya.

Rizieq mengatakan dia tidak mengira bahwa yang melakukan pengejaran, mengganggu, serta memepet rombongan keluarganya di jalan tol itu adalah pihak kepolisian.

"Sama sekali, kami tidak pernah menduga, kami tidak pernah mengira apalagi menuduh.. Yang kami tahu mereka adalah orang-orang jahat yang ingin mencelakakan kami," ucapnya.

Dia pun mengatakan hingga saat dia lolos dari pengejaran, dia pun tidak menduga yang melakukan pengejaran dan penembakan adalah pihak kepolisian. 

"Kami tidak pernah tahu, kami tidak pernah suudzon, kami tidak pernah menuduh, bahkan kami saat konferensi pers FPI masih mencantumkan 'orang tidak dikenal, karena kami tidak berani menuduh siapapun tanpa bukti, tanpa saksi, karena itu azab besar," ucapnya. 

Baca Juga: Suasana Rumah Laskar FPI Andi Oktiawan yang Dimakamkan di Bogor

2. Tiga bayi dan balita cucu Rizieq ketakutan dalam mobil

Rizieq Shihab Beberkan Kejadian yang Tewaskan 6 Anggota Laskar FPILokasi bentrok laskar FPI dengan Polisi di Tol Jakarta Cikampek KM 50 Karawang, Jawa Barat (IDN Times/Fitang Budhi Adhitia)

Rizieq mengatakan pada saat kejadian, dia berencana akan melakukan pengajian keluarga. Dia membawa empat mobil yang berisi keluarganya yakni anak, menantu, saudara, dan cucu.

"Kami semua ikut, ada tiga bayi masih minum air susu ibu (ASI), masih ada di bawah 4 tahun 3 tahun, kami keluarga semua," ujarnya.

Rizieq menceritakan saat itu, dua cucunya yang masih bayi, serta yang berusia 4 dan 3 tahun ketakutan dalam mobil. Menurutnya, tiga cucunya menangis dalam kondisi tersebut.

"Tapi dengan gagah luar biasa, para syuhada kita, laskar-laskar pengawal yang berangkat ini yang ada dua mobil, mereka luar biasa, mereka cerdas, mereka keras, mereka dengan begitu luar biasa mengendalikan situsi dan kondisi sehingga arah para penjahat tidak tidak satu pun yang berhasil mencapai kami," tuturnya.

3. Rizieq menegaskan pengawalnya tidak membawa senjata

Rizieq Shihab Beberkan Kejadian yang Tewaskan 6 Anggota Laskar FPI(Massa FPI berunjuk rasa) Ampelsa/ANTARA FOTO

Rizieq menyebutkan bahwa tuduhan pengawalnya membawa senjata adalah adalah fitnah dan bohong besar.

"Tidak ada satu pun pengawal kami yang dipersenjatai, karena kami tidak pernah mengira kalau kami akan diperlakukan seperti itu. Pengwal kami hanya pengwal keluarga biasa. Tapi mereka buktikan, mereka sigap, cerdas, dan berani tanpa senjata," terangnya.

Baca Juga: Sosok Reza, Laskar Khusus FPI Korban Tewas Bentrokan dengan Polisi

4. Rizieq paparkan bagaimana anggota laskar menyelamatkan dirinya

Rizieq Shihab Beberkan Kejadian yang Tewaskan 6 Anggota Laskar FPIIDN Times/Gregorius Aryodamar P

Dia pun mengatakan anggota laskar tersebut memang bertugas mengawal dirinya. "Bukan untuk mengganggu siapa pun, jadi sudah benar melaksankan tugas."

Dia pun menceritakan bagaimana jasa para pengawalnya itu menyelamatkan dirinya. "Begitu ada banyak mobil, menyalip, ingin membahayakan kami, mereka melakukan tugas dengan sangat cantik, bagaimana mereka mengusir satu persatu mobil-mobil tersebut sehingga tidak berhasil masuk," kata Rizieq.

"Subhanallah dengan takbir Allah, tanpa mereka para syuhada mungkin saya sudah digiring ke medan pembantaian," tambahnya.

5. Rizieq memberikan keterangan sebelum enam anggota laskar dimakamkan

Rizieq Shihab Beberkan Kejadian yang Tewaskan 6 Anggota Laskar FPI(Pimpinan Front Pembela Islam Rizieq Shihab) Screen shot Youtube

Kuasa hukum Pimpinan Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab, Aziz Yanuar membenarkan bahwa rekaman suara tersebut adalah suara Rizieq Shihab. Keterangan tersebut, menurutnya, disampaikan di Pondok Pesantren Agrokultural (Markaz Syariah FPI) di Megamendung, Bogor, Jawa Barat  sebelum pemakaman. 

"Suaranya iya (Rizieq Shihab), itu ada di suara jelas, infonya demikian," ujar Azis. 

6. Enam pendukung Rizieq yang disebut sebagai laskar FPI tewas saat bentrok dengan polisi

Rizieq Shihab Beberkan Kejadian yang Tewaskan 6 Anggota Laskar FPILokasi bentrok laskar FPI dengan Polisi di Tol Jakarta Cikampek KM 50 Karawang, Jawa Barat (IDN Times/Fitang Budhi Adhitia)

Sebelumnya, Kapolda Metro Jaya, Irjen Fadil Imran, mengatakan enam pendukung pendiri Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab tewas saat bentrok dengan petugas polisi di Jalan Tol Jakarta Cikampek KM 50, Senin (07/12/12) sekitar pukul 00.30 WIB. 

"Karena [polisi] diserang, dilakukan tindakan tegas dan terukur, sehingga terhadap kelompok yang diduga pengikut MRS (Rizieq) yang berjumlah 10 orang, meninggal dunia sebanyak enam orang," kata Fadil Imran di Polda Metro Jaya, Senin (7/12/2020).

Baca Juga: DPR Minta Dibentuk Tim Investigasi Bentrokan Polisi-Simpatisan Rizieq

https://www.youtube.com/embed/utRBcmm7OWQ

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya