Rizieq Shihab Sidang Offline, Tagar UsirFPIdanHRS Trending Twitter

Rizieq Shihab sempat menolak sidang daring

Jakarta, IDN Times - Mantan pimpinan Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab hari ini, Jumat (26/3/2021), menjalani sidang secara offline di Pengadilan Negeri Jakarta Timur. Ia disidang sebagai terdakwa kasus dugaan penghasutan dan kerumunan di Petamburan, kasus kerumunan Megamendung, serta swab test PCR di RS Ummi Bogor.

Hal ini menuai reaksi netizen atau warganet di jagad Twitter. Tanda tagar berisi keterangan soal FPI menjadi trending topic. Berdasarkan penelusuran IDN Times, sejumlah warganet ramai-ramai memasang tagar #UsirFPIdanHRS dengan 21 ribu cuitan. Bahkan, tagar #Bersatu Lawan FPI bertengger di posisi kedua dengan total 17 ribu cuitan.

Baca Juga: Rizieq Shihab Sidang Offline, Simpatisan Diimbau Tidak Langgar Prokes

1. Rizieq menolak sidang online

Rizieq Shihab Sidang Offline, Tagar UsirFPIdanHRS Trending TwitterPemimpin Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Shihab (tengah) bersiap menjalani pemeriksaan di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Sabtu (12/12/2020). Rizieq Shihab tiba di Mapolda Metro Jaya untuk diperiksa sebagai tersangka kasus pelanggaran protokol kesehatan terkait kerumunan di Petamburan, Tanah Abang, Jakarta pada 14 November lalu. (ANTARA FOTO/Fauzan)

Sebagian besar warganet kecewa karena Rizieq menolak sidang online atau daraing. "Dia sengaja menolak sidang online dengan harapan kalau sidang offline dia bisa mengerahkan pasukan untuk menemaninya sidang. eh inget dong dlu ente minta Ahok jangan kabur, kok sekarang ga berani banget? Bersatu Lawan FPI #UsirFPIdanHRS," cuit akun @b**c*n.

Warganet lain menyoroti sikap Rizieq Shihab saat menjalani sidang, seperti dicuitkan pemilik akun@W**y**.

"Yang harus dilakukan Rizieq Shihab hanya mengikuti peradilan kasusnya, dengan jangan bukannya walkout dan Marah2 ke Majelis Hakim," cuitnya.

2. Rizieq dan tim kuasa hukumnya selalu memprotes sidang secara virtual

Rizieq Shihab Sidang Offline, Tagar UsirFPIdanHRS Trending Twitter(Pimpinan Front Pembela Islam Rizieq Shihab) Screen shot Youtube

Perlu diketahui, pada sidang-sidang sebelumnya, Rizieq Shihab dan tim kuasa hukumnya selalu memprotes sidang virtual. Bahkan, Rizieq enggan membaca eksepsi pada Selasa, 23 Maret 2021 karena ia tak dihadirkan langsung dalam persidangan.

"Saya kokoh agar pembacaan eksepsi dalam sidang offline. Saya ingin dihadirkan di PN Jaktim," kata Rizieq saat berada di ruang sidang khusus yang disiapkan di Gedung Bareskrim Polri dan disiarkan langsung di YouTube Pengadilan Negeri Jakarta Timur.

Akhirnya, Majelis Hakim pun mengabulkan permintaan Rizieq dan kuasa hukumnya. Namun, Rizieq wajib hadir di setiap jadwal persidangan. Jika tidak, maka penatapan sidang offline bakal ditinjau kembali.

3. Sebanyak 1.985 personel TNI-Polri dikerahkan di pengadilan

Rizieq Shihab Sidang Offline, Tagar UsirFPIdanHRS Trending TwitterSimpatisan menyambut kedatangan pimpinan FPI Rizieq Shihab di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta pada Selasa (10/11/2020) (IDN Times/Maya Aulia Aprilianti)

Untuk mengamankan sidang Rizieq, sebanyak 1.985 personel TNI-Polri dikerahkan di pengadilan. Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusri Yunus mengimbau pendukung Rizieq agar tak hadir ke persidangan.

"Sebaiknya para pendukung tidak datang ke sana nanti malah melanggar prokes, mari kita ikuti saja," kata Yusri.

Baca Juga: Akhirnya Rizieq Shihab Jalani Sidang Tatap Muka di PN Jakarta Timur

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya