Comscore Tracker

RS Polri Terima 12 Keluarga Korban Sriwijaya dan 1 Kantong Jenazah

DVI butuh DNA, sidik jari, data gigi keluarga korban #SJY182

Jakarta, IDN Times - Rumah Sakit Polri Kramat Jati telah menerima laporan 12 keluarga korban jatuhnya pesawat Sriwijaya dengan nomor penerbangan SJY 182 hingga Minggu siang. Selain itu RS Polri juga telah menerima satu kantong jenazah.

"Keluarga yang sudah hadir ada 12 orang, dan kita telah terima satu kantong jenazah berupa body part, nanti akan kita lakukan pemeriksaan," ujar Komandan Disaster Victim Identification (DVI) Polri Kombes Pol Hery Wijatmoko dalam konferensi pers di RS Polri Kramat Jati, Jakarta Timur, Minggu (10/1/2021).

Hery menjelaskan dalam prosedur identifikasi terdapat data primer yang meliputi DNA, sidik jari, dan data gigi. Sementara untuk waktu identifikasi tergantung ketersediaan ketersediaan data ante mortem dan post mortem.

"Jika salah satu atau dua match (cocok) maka bisa teridentifikasi. Namun, jika
data morten lengkap, mulai sidik jari dan lainnya, namun jika yang ditemukan tidak available kita tidak bisa lakukan identifikasi," ujarnya.

Sebelumnya, pesawat Sriwijaya SJY 182 jatuh setelah lepas landas dari Bandara Soekarno Hatta, Sabtu (9/1/2021). Berikut kronologi yang sudah dihimpun oleh pihak Kemenhub, bersama dengan stakeholder terkait seperti Basarnas, KNKT, Angkasa Pura II, Airnav Indonesia, Sriwijaya Air, TNI, Polri, dan stakeholder terkait lainnya.

• Pesawat Sriwijaya SJY 182 take off dari Bandara Soekarno Hatta menuju Pontianak pada pukul 14.36 WIB.

• Pada pukul 14.37 WIB melewati 1700 kaki dan melakukan kontak dengan Jakarta Approach. Pesawat diizinkan naik ke ketinggian 29.000 kaki dengan mengikuti Standard Instrument Departure.

• Pukul 14.40 WIB, Jakarta Approach melihat pesawat Sriwijaya Air tidak ke arah 075 derajat melainkan ke Barat Laut (North West), oleh karenanya ditanya oleh ATC untuk melaporkan arah pesawat.

• Tidak lama kemudian, dalam hitungan detik, Pesawat hilang dari radar. Manajer operasi langsung berkoordinasi dengan Basarnas, Bandara tujuan, dan instansi terkait lainnya.

Baca Juga: Keluarga Korban Sriwijaya SJY 182 Datangi Posko Ante Mortem RS Polri

Topic:

  • Dwifantya Aquina
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya