Comscore Tracker

Saipul Jamil Masuk TV, Angga Sasongko Hentikan Distribusi Film Nussa 

Dukungan gerakan lawan perayaan pelaku kejahatan seksual  

Jakarta, IDN Times - Kembalinya Saipul Jamil usai bebas dari pemasyarakatan ke dunia hiburan Tanah Air menuai beragam kritikan dari berbagai kalangan. Terlebih, beberapa stasiun televisi mulai memberikan panggung pada terpidana kasus kejahatan seksual tersebut.

Sutradara sekaligus CEO Visinema Group, Angga Sasongko, mengambil sikap tegas dengan menghentikan pembicaraan kesepakatan distribusi film Nussa dan Keluarga Cemara di sebuah stasiun televisi swasta.

"Menyikapi hadirnya Saiful Jamil di televisi dengan cara yang tidak menghormati korban, maka kami memberhentikan semua pembicaraan kesepakatan distribusi film Nussa & Keluarga Cemara dg stasiun TV terkait karena tidak berbagi nilai yang sama dengan karya kami yang ramah anak," ujarnya melalui akun media sosial Twitter miliknya yang sudah dikonfirmasi IDN Times, Minggu (5/9/2021).

1. Dukung gerakan melawan perayaan pelaku kekerasan seksual pada anak di media

Saipul Jamil Masuk TV, Angga Sasongko Hentikan Distribusi Film Nussa Saipul Jamil (ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja)

Sutradara film Filosofi Kopi ini mengatakan, tindakan tersebut untuk mendukung gerakan yang melawan dirayakannya pelaku kekerasan seksual pada anak di media serta menjadi kesadaran bersama pentingnya media menghargai anak-anak.

"Pemberhentian pembicaraan kesepakatan ini berlaku tidak hanya kepada stasiun TV yang sudah menayangkan, tapi juga stasiun TV lain yang nantinya melakukan tayangan serupa," ujarnya.

Baca Juga: Penyambutan Kebebasan Saipul Jamil Menyakiti Korban Kejahatan Seksual

2. Berkomitmen tak buat kesepakatan dengan stasiun TV yang tidak berbagi nilai yang sama

Saipul Jamil Masuk TV, Angga Sasongko Hentikan Distribusi Film Nussa instagram.com/@anggasasongko

Angga mengungkapkan sebelumnya pihaknya mendistribusikan film pasca-tayang bioskop, namun tampilnya Saipul Jamil membuat dia menghentikan pembicaraan kesepakatan.

"Berhenti, ya berhenti. Kami tidak akan membuat kesepakatan komersial dengan TV manapun yang tidak berbagi nilai yang sama dengan karya kami," tegasnya saat dihubungi IDN Times.

3. Warganet harap pihak lain lakukan tindakan tegas untuk tak mendukung kejahatan seksual

Saipul Jamil Masuk TV, Angga Sasongko Hentikan Distribusi Film Nussa Saipul Jamil (ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja)

Sontak tindakan tegas Angga menuai beragam komentar dari warganet yang sebagian besar mendukung bahkan meminta pihak lain turut ambil tindakan tegas.

"Keren Mas Angga dan kawan-kawan. Semoga sponsor dan brand juga mau ambil tindakan yang sama ke stasiun TV tadi. Karena kalau diam aja itu sponsor dan brand sama aja menutup mata bahayanya kekerasan seksual dan pedofilia," tulis pengamat sejarah @mazzini membalas postingan Angga.

"Semoga jadi gerakan yang diikuti oleh banyak perusahaan kain kita butuh televisi yang tidak hanya bersih layarnya namun isinya," ujar warganet lain.

Baca Juga: 5 Kontroversi yang Menyelimuti Saipul Jamil, Netizen Minta Boikot!

Topic:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya