Sedang Hamil 5 Bulan, Korban Lift Jatuh di Mal Margo City Trauma 

Kemensos berikan bantuan dan pendampingan korban Margo City

Jakarta, IDN Times - Kementerian Sosial melakukan pendampingan kepada korban terdampak insiden lift jatuh di pusat perbelanjaan Margo City, Depok. Tim respons cepat yang terbagi menjadi tim dari balai "Inten Suweno" Cibinong, Balai Ciungwanara Cibinong, Balai "Panasea" Bambu Apus, dan Balai "Mulya Jaya" Pasar Rebo menyerahkan bantuan pemenuhan pokok untuk 11 korban.

Tim respons cepat Balai Ciungwanara Cibinong mengunjungi korban terdampak, Winda (31), di kediaman di Lubang Buaya, Jakarta Timur, Minggu (22/8/2021).

Saat ditemui, Winda yang tengah hamil 5 bulan menceritakan meskipun tidak mengalami luka, tetapi ia merasakan trauma pascamusibah yang menimpanya.

"Sempat ikut dibawa ke UGD kemarin, dicek perut saya. Dan alhamdulillah janin tidak apa-apa. Saya pun diperbolehkan pulang. Dan hari ini kedatangan Kemensos, terima kasih atas kunjungan dan bantuannya," ucap Winda dikutip dari siaran tertulis Kemensos, Senin (23/8/2021).

Tim pun menyerahkan bantuan sembako serta pendampingan kepada korban.

"Jangan dilihat jumlahnya ya, bu. Tapi ini yang kami berikan sebagai bentuk perhatian Kementerian Sosial kepada ibu. Semoga dapat membantu dan ibu sehat-sehat ya," kata tim Balai Ciungwanara, Uri, kepada Winda.

1. Kemensos berikan sembako dan santunan korban meninggal

Sedang Hamil 5 Bulan, Korban Lift Jatuh di Mal Margo City Trauma Kemensos Berikan Bantuan Sembako Korban Lift Jatuh Margocity di Depok. (dok. Kemensos)

Sementara, Tim dari Balai Inten Suweno Cibinong menyerahkan bantuan pemenuhan kebutuhan pokok berupa sembako kepada keluarga satu orang korban meninggal dunia, Novandri (29), di Kelurahan Cibubur, Ciracas, Jakarta Timur, Minggu (22/08/2021)

"Sesuai arahan bu Menteri Sosial untuk memberikan bantuan pemenuhan kebutuhan pokok kepada korban. Bantuan berupa sembako senilai Rp600.000 kita serahkan kepada keluarga di rumah duka," kata anggota Tim Respon Cepat Balai Inten Suweno, Syahrul.

Baca Juga: Deretan Fakta Insiden Ambruknya Bangunan Mal Margo City Depok

2. Novandri mengalami luka di kepala hingga meninggal dunia

Sedang Hamil 5 Bulan, Korban Lift Jatuh di Mal Margo City Trauma Margo City Depok (Dok. IDN Times/Istimewa)

Novandri merupakan salah satu karyawan sebuah toko roti di Mal Margocity. Ia tertimpa runtuhan bangunan saat tengah memuat barang bersama manajer tokonya. Akibatnya Novandri mengalami luka berat di bagian kepala dan dilarikan ke Rumah Sakit Universitas Indonesia (RS UI).

Naas, Minggu subuh ia dinyatakan meninggal dunia. Kepada keluarga Novandri, Kemensos juga akan memberikan santunan kematian senilai Rp 15 juta.

3. Sepuluh korban mendapatkan sembako

Sedang Hamil 5 Bulan, Korban Lift Jatuh di Mal Margo City Trauma Kemensos Berikan Bantuan Sembako Korban Lift Jatuh Margocity di Depok. (dok. Kemensos)

Di hari yang sama, tim respons cepat lainnya yakni tim Balai Panasea Bambu Apus dan Balai Mulya Jaya Pasar Rebo juga mengunjungi kediaman korban luka lainnya untuk menyerahkan bantuan sembako serta pendampingan.

Total 10 korban luka telah menerima bantuan sembako hari ini di kediaman masing-masing yakni Meri (21), Maulida (26), Nurma (38), Jaelana (36), Firdaus (38), Firdaus (38), Hasanuddin (46), Untoro (46). Untuk Taufik (35) dan Randy (39), bantuan diserahkan kepada keluarga di RS Bunda Margonda. Sementara satu korban meninggal Novandri (29) bantuan diserahkan kepada keluarga di kediaman.

4. Kemensos terjunkan tim untuk siaga evakuasi dan pendampingan

Sedang Hamil 5 Bulan, Korban Lift Jatuh di Mal Margo City Trauma Suasana Margo City usai insiden ambruknya plafon. (Dok. Damkar Kota Depok)

Sebelumnya, Sekjen Kemensos Hartono Laras dan Dirjen Perlindungan dan Jaminan Sosial Pepen Nazaruddin turut hadir menjenguk para korban di rumah sakit usai kejadian, Sabtu malam (21/08/2021). Tim dari Balai Kemensos diterjunkan untuk siaga evakuasi dengan menyediakan ambulance dan tim medis serta pendampingan keluarga selama di rumah sakit.

Hingga saat ini, tim respon dari Balai masih terus melakukan asesmen guna mengidentifikasi kebutuhan mendesak korban yang memungkinkan untuk dilakukan tindak lanjut.

Sebagai informasi, lift barang di Mal Margocity jatuh dari lantai 3 pada Sabtu pukul 16.30 WIB. Atas musibah ini, 10 orang luka ringan dan berat serta 1 orang meninggal dunia. Korban 8 orang kemudian dilarikan di RSU Bunda Margonda dan 3 orang dilarikan ke RS UI. Hingga Minggu siang, 4 orang masih dirawat di RSU Bunda Margonda, sementara lainnya telah pulang ke rumah masing-masing.

Baca Juga: Satu Korban Ambruknya Mal Margo City Depok Meninggal Dunia

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya