Segera Cair Januari, Begini Cara Cek Penerima Bansos Tunai Rp300 Ribu

Penyaluran bansos tunai mulai Januari 2021, kamu termasuk?

Jakarta, IDN Times - Pemerintah melalui Kementerian Sosial (Kemensos) akan menyalurkan bantuan sosial tunai (BST) sebesar Rp300 ribu mulai Januari 2021.

“Bantuan per bulan Rp300 ribu per penerima manfaat dan diberikan pemerintah pada Januari, Februari, Maret, dan April,” kata Menteri Sosial Tri Rismaharini saat jumpa pers setelah Rapat Terbatas di Istana Kepresiden, Jakarta, Selasa 29 Desember 2020 lalu.

Lalu, apakah kamu masuk daftar penerima bansos dari Kemensos, yuk simak caranya!

1. Tahapan-tahapan pengecekan bansos

Segera Cair Januari, Begini Cara Cek Penerima Bansos Tunai Rp300 RibuPendaftaran penerima bansos tunai di Medan. (Antara Foto)

Untuk mengecek, apakah kamu terdaftar sebagai penerima BST atau tidak, pertama kamu harus mengunjungi halaman resmi Kemensos di https://dtks.kemensos.go.id/ dengan cara berikut ini:

1. Buka link https://dtks.kemensos.go.id/.

2. Pilih ID, kamu bisa memilih salah satu identitas yang akan dicek (NIK, ID DTKS atau nomor PBI JK/KIS). Untuk mempermudah, pilih ID berupa NIK.

3. Lalu masukkan Nomor Induk Kependudukan (NIK).

4. Masukkan nama sesuai Kartu Tanda Penduduk (KTP).

5. Ketik ulang kode Captcha yang sesuai dengan tampilan.

6. Terakhir, klik kata 'cari'.

Sistem akan mencocokkan ID dan nama yang diinput, dan membandingkan antara nama yang diinput dengan nama yang ada dalam database Kemensos.

Baca Juga: Bansos Tunai Rp300 Ribu Segera Cair, Risma: Jangan Buat Beli Rokok!

2. Jika nama kamu tidak muncul bisa cek ke perangkat desa ya

Segera Cair Januari, Begini Cara Cek Penerima Bansos Tunai Rp300 RibuIlustrasi warga penerima Bansos (ANTARA FOTO/FB Anggoro)

Lalu bagaimana jika nama tidak muncul pusdatin Kemensos, padahal termasuk warga penerima atau terdampak pandemik COVID-19?

Staf Humas Kemensos Nindy menambahkan jika tidak muncul, masyarakat bisa cek di perangkat desa setempat.

"Kalau setelah dicek namanya muncul, berarti terdaftar sebagai penerima bantuan,kalau tidak muncul, bisa mencoba menghubungi perangkat desa," ujarnya pada IDN Times, Jumat (1/1/2021).

3. Bansos tunai di Jabodetabek akan diantar Pos

Segera Cair Januari, Begini Cara Cek Penerima Bansos Tunai Rp300 RibuPetugas PT Pos Indonesia menyerahkan bantuan sosial (bansos) tunai tahap pertama Kemensos kepada salah seorang KPM di Kota Bogor, Jawa Barat, Rabu (22/4). Dok. Kemensos)

Sementara itu, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Muhadjir Effendy mengatakan, bantuan sosial (Bansos) 2021 untuk wilayah Jabodetabek tak lagi berbentuk sembako. Selain itu bantuan langsung tunai yang akan diantar oleh tenaga dari PT POS ke rumah.

“Untuk wilayah Jabodetabek yang selama ini menggunakan skema sembako, diubah menjadi bantuan langsung tunai yang akan diantar oleh tenaga dari PT POS ke rumah. Jadi tidak perlu datang ke kantor POS karena nanti dikhawatirkan timbul kerumunan, karena itu diantar ke masing-masing alamat,” kata Muhadjir dalam jumpa persnya secara virtual setelah Rapat Terbatas di Istana Negara, Selasa (29/12/2020).

Baca Juga: Kemensos: Realisasi Bansos Perlindungan Sosial Capai 98,54 Persen

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya