Sejumlah Relawan Satgas COVID-19 Mundur, Begini Respons Koordinator

Sejumlah relawan menyatakan mosi tidak percaya pada Satgas

Jakarta, IDN Times - Ketua Bidang Koordinasi Relawan Satuan Tugas Penanganan COVID-19 (Satgas COVID-19) Andre Rahadian menegaskan pihaknya tidak pernah melakukan kegiatan pengembalian atribut relawan seperti rompi dan tanda pengenal (ID Card).

Meski demikian, Andre Rahadian memahami perasaan beberapa relawan yang telah melakukan aksi tersebut.

“Kami menerima ini sebagai bentuk aspirasi beberapa orang relawan. Kami menampung aspirasi ini. Tapi kami yakin dalam hati kecil para relawan mereka tetaplah relawan. Apalagi selama ini sudah terbukti kerja para relawan mampu membantu warga yang mengalami masa sulit selama wabah coronavirus ini,” kata Andre dalam keterangan tulis, Kamis (19/11/2020).

1. Relawan Satgas COVID-19 gelar pelatihan, saat beberapa relawan lainnya nyatakan mosi tak percaya

Sejumlah Relawan Satgas COVID-19 Mundur, Begini Respons KoordinatorRelawan Indonesia Bersatu Lawan Covid-19 menggelar rapid test massal di lahan parkir Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta Utara (Dok.Relawan Indonesia Bersatu Lawan Covid-19)

Andre Rahadian yang selama delapan bulan ini mengkoordinasikan 34.000 Relawan COVID-19 di seluruh Indonesia mengatakan, saat ini juga berlangsung kegiatan pelatihan untuk mengajak seluruh lapisan masyarakat melakukan perubahan perilaku di 7 provinsi prioritas melibatkan 10.000 relawan.

"Perubahan perilaku adalah kunci dalam menghambat penyebaran COVID-19 sampai diberikannya vaksin, dan ini lebih penting dibanding mekanisme tradisional di mana relawan hanya berfungsi membagikan masker tanpa diberikan informasi dan pengertian," ujar Andre.

Baca Juga: Kecewa Masker untuk Rizieq, Relawan Satgas Nyatakan Mosi Tidak Percaya

2. Relawan bagian penting dari perubahan perilaku

Sejumlah Relawan Satgas COVID-19 Mundur, Begini Respons KoordinatorIDN Times/Nofika Dian Nugroho

Andre menambahkan relawan bersama seluruh anggota masyarakat adalah bagian penting dari perubahan perilaku.

Dia mengimbau agar seluruh relawan dan komponen masyarakat di manapun berada agar bahu membahu untuk saling mengingatkan dan meningkatkan kedisiplinan dalam menjalankan protokol kesehatan.

"Jangan lupa memakai masker, menjaga jarak dan menghindari kerumunan serta mencuci tangan pakai sabun dengan air mengalir," ucapnya.

3. Sejumlah relawan melakukan aksi pengembalian rompi dan ID Card karena kecewa BNPB bagikan 20 ribu masker di acara Rizieq Shihab

Sejumlah Relawan Satgas COVID-19 Mundur, Begini Respons KoordinatorRizieq Shihab beserta keluarga tiba di Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Selasa (10/11/2020). HRS beserta keluarga kembali ke tanah air setelah berada di Arab Saudi selama tiga tahun. (ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal)

Diketahui, sejumlah relawan  melakukan aksi pengembalian rompi dan ID card di Sekretariat Relawan Nasional Satgas COVID-19 di Hotel The Media, Jakarta Pusat, Kamis (19/11/2020).

Aksi ini dilakukan relawan sebagai respons atas kontroversi penegakan aturan protokol kesehatan yang berawal dari acara pernikahan putri Rizieq Shihab pada 14 November 2020. Dalam acara tersebut diperkirakan 10 ribu tamu datang ke Petamburan, Jakarta Pusat. 

Sejumlah relawan Satgas COVID-19 mengaku kecewa lantaran BNPB justru membagikan 20 ribu masker kepada para tamu undangan yang hadir.

Baca Juga: Doni Monardo: Pemberian Masker Bukan untuk Dukung Acara Rizieq Shihab

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya