Sodetan Sungai Ciliwung Mangkrak 6 Tahun, Heru: Kelar April!

Sodetan mengurangi risiko banjir di Jakarta

Jakarta, IDN Times - Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono, memastikan pembangunan terowongan atau Sodetan Sungai Ciliwung yang mangkrak selama enam tahun akan selesai di bulan April 2023.

Heru mengatakan saat ini penyambungan pipa di proyek normalisasi Sungai Ciliwung sudah rampung. Dengan demikian, pada akhir April, sodetan bisa berfungsi dan mengurangi risiko banjir di Jakarta.

"Artinya sodetan di terowongan sudah berfungsi, tinggal di sini nanti perapihan untuk sheet pile (turap baja) pelebaran kali (sungai) dan itu sampai dengan bulan April. InsyaAllah di akhir April bisa semua berfungsi, dan tentunya mengurangi banjir di Jakarta," ujar Heru saat mendampingi Presiden RI, Joko "Jokowi" Widodo, meninjau progres proyek Ciliwung, Selasa (24/1/2023).

1. Ada 59 KK terdampak akibat pembebasan lahan

Sodetan Sungai Ciliwung Mangkrak 6 Tahun, Heru: Kelar April!Ilustrasi sungai Ciliwung di Jakarta (IDN Times/Anata Syah Fitri)

Heru menerangkan, ada 59 kepala keluarga (KK) terdampak akibat pembebasan lahan. Mereka yang terdampak bisa tinggal di rumah susun (rusun).

"Pak Wali sudah sosialisasi yang berikutnya di sana ada kewajiban, di samping terus kemudian disiapkan rusun dan lain-lain," ujar Heru.

 

2. Sodetan Sungai Ciliwung mangkrak enam tahun

Sodetan Sungai Ciliwung Mangkrak 6 Tahun, Heru: Kelar April!Pj Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono akan Meninjau Sodetan Ciliwung, Kamis, (1/12/ 2022). (dok. Humas Pemprov DKI Jakarta)

Sebelumnya, Jokowi mengatakan jika proyek Sodetan Ciliwung ini sudah mangkrak selama enam tahun. Dia menegaskan penanganan banjir Jakarta harus dari hulu sampai ke hilir.

"Di hulunya sudah kemarin selesai dibangun Bendungan Ciawi, kemudian Bendungan Sukamahi, sudah, di atas. Di bawah sudah sampai Jakarta masih ada masalah, sekarang juga sebentar lagi akan selesai, mungkin April insyaAllah sudah selesai Sodetan Ciliwung yang sudah berhenti 6 tahun," sambungnya.

3. Sodetan Ciliwung ditargetkan bisa kurangi 33 meter kubik air per detik bila musim hujan

Sodetan Sungai Ciliwung Mangkrak 6 Tahun, Heru: Kelar April!Ilustrasi normalisasi Sungai Ciliwung kawasan Kampung Melayu, Jakarta. ANTARA FOTO/Aprillio Akbar

Jokowi menerangkan, Sodetan Ciliwung ditargetkan bisa mengurangi 33 meter kubik air per detik bila musim hujan datang. Pengurangan tersebut dilakukan apabila Sungai Ciliwung berstatus siaga 4. Kemudian kalau pada siaga 1, 63 meter kubik per detik, gede sekali," kata dia.

"Kalau nanti sudah berfungsi sangat mengurangi banjir yang ada di Jakarta. Kalau ini sudah urusannya tinggal yang ketiga, urusan pompa yang ada di sungai-sungai dan juga normalisasi Ciliwung, normalisasi sungai-sungai yang ada Kali Pesanggrahan, Kali Angke, Kali Cipinang dan kali-kali lainnya yang juga harus dinormalisasi kalau kita ingin Jakarta tidak banjir," ujar dia.

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya