Sosok Kastubi Gelandangan yang Ditemui Mensos Risma Hanya Settingan?

Risma menemui Kastubi di Jalan Thamrin Jakarta Pusat

Jakarta, IDN Times - Video aksi blusukan Menteri Sosial Tri Rismaharini atau Risma saat menemui penyandang masalah kesejahteraan sosial atau gelandangan di kawasan Jalan Sudirman, Jakarta Pusat, pada Senin 4 Januari 2020 lalu tengah menjadi sorotan.

Penyebabnya, gelandangan yang ditemui Risma itu dianggap sudah diatur atau settingan demi pencitraan sang menteri. Tudingan settingan itu pun viral di sejumlah media sosial.

Bahkan sebuah akun Twitter mengunggah foto yang memperlihatkan 2 orang tunawisma yang ditemui Risma sedang makan-makan di sebuah kantin. Dalam unggahan itu disebutkan, blusukan Menteri Sosial Tri Rismaharini hanya settingan atau sudah diatur untuk keperluan pencitraan. 

Baca Juga: Risma Antar 5 Gelandangan yang Ditemui Saat Blusukan Kerja di BUMN 

1. Sosok Kastubi saat ini berada di balai

Sosok Kastubi Gelandangan yang Ditemui Mensos Risma Hanya Settingan?Kastubi, sosok tunawisma yang viral/dok

Faktanya, dua orang gelandangan tersebut diajak oleh Risma makan di sebuah kantin di Kementerian Sosial sebelum dibawa ke Balai Karya "Pangudi Luhur" Bekasi.

Adapun sosok tunawisma bernama Kastubi yang dianggap hanya settingan belaka, menurut Humas Kemensos Lusy, Kastubi yang ditemui Risma di Jalan Thamrin saat ini sudah berada di Balai Karya "Pangudi Luhur" Bekasi.

"Dia (Kastubi) ada di balai," ujar Lusy kepada IDN Times sambil menunjukan video Kastubi tengah berada di teras balai, Jumat (8/1/2021).

2. Wakil Gubernur DKI Jakarta terkejut mendengar ada gelandangan di Jalan Sudirman-Thamrin

Sosok Kastubi Gelandangan yang Ditemui Mensos Risma Hanya Settingan?Mensos Risma bujuk gelandangan di Jalan Thamrin agar tinggal di Balai Rehabilitasi Sosial Eks Gelandangan dan Pengemis “Pangudi Luhur”, Bekasi, Senin (4/1/2021) (Dok. Kemensos )

Sebelumnya Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengaku terkejut karena baru mendengar ada gelandangan di wilayah Sudirman-Thamrin, Jakarta Pusat. Sebab, selama tinggal di Jakarta sejak kecil, dia mengatakan tak pernah ada tunawisma hidup di kawasan protokol Sudirman-Thamrin yang notabene adalah pusat kota.

"Terkait dengan adanya tunawisma di Jalan Sudirman-Thamrin memang saya sendiri sudah hidup di Jakarta sejak umur empat tahun baru denger ada tunawisma di Jalan Sudirman-Thamrin," kata dia.

3. Risma temui gelandangan di Jalan Thamrin

Sosok Kastubi Gelandangan yang Ditemui Mensos Risma Hanya Settingan?Mensos Risma bujuk gelandangan di Jalan Thamrin agar tinggal di Balai Rehabilitasi Sosial Eks Gelandangan dan Pengemis “Pangudi Luhur”, Bekasi, Senin (4/1/2021) (Dok. Kemensos )

Sebelumnya Menteri Sosial Tri Rismaharini menyapa masyarakat Pemerlu Pelayanan Kesejahteraan Sosial (PPKS) atau gelandangan. Risma menyusuri jalur pedestrian di Jalan Thamrin persis di sisi kanan Plaza UOB, Jakarta Pusat.

Dengan berjalan kaki, Risma mendapati tiga PPKS. Seperti biasa, dia menyapa dan berdialog dengan mereka termasuk menanyakan asal kampung halaman, dan tidak kalah penting meminta kesediaan mereka mendapatkan pembinaan.

Risma antara lain bertemu dengan pria paruh baya yang tidur beralaskan kardus. Pria berambut putih ini memperkenalkan namanya Kastubi. Risma membuka pembicaraan dengan Kastubi yang mengaku tidak memiliki tempat tinggal.

“Bapak ikut saya ya. Nanti saya kasih tempat tinggal biar bapak tidak kehujanan ya. Nanti ada yang jemput ya, tapi bukan Satpol PP. Tapi bapak jangan kemana-mana,” kata Risma, Senin 4 Januari 2021.

Baca Juga: Suka Blusukan ke Kolong Jembatan, Ini Alasan Mensos Risma

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya