Suara Tembakan Terdengar, Massa Lukas Enembe Serbu Mako Brimob Papua

Massa menyerbu Mako Brimob dan menyerang aparat

Jakarta, IDN Times - Massa diduga pendukung dan simpatisan Gubernur Papua Lukas Enembe, menyerbu Mako Brimob Polda Papua, di Kotaraja, Jayapura (10/1/2023). 

Terlihat sejumlah warga memukul dan melempari petugas dengan batu hingga masuk dalam markas. Situasi ricuh hingga petugas melempar gas air mata dan terdengar suara tembakan sebanyak enam kali.

"Ada baku tembak di Kotaraja Brimob," tulis akun Instagram @jayapuraterbaruinfo.

Penyerbuan tersebut terjadi setelah Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menangkap Lukas Enembe yang resmi menjadi tersangka dugaan suap dan gratifikasi pembangunan infrastruktur di Papua. 

Dalam video yang diterima IDN Times, sejumlah warga nampak memukul dan melempari petugas hingga masuk dalam markas. Situasi ricuh hingga petugas melempar gas air mata.

Kadiv Humas Polri, Irjen Pol Dedi Prasetyo memastikan situasi Papua kondusif setelah KPK menangkap Lukas Enembe.

“Info terakhir secara umum sudah kondusif dan Polri ikut mengawal proses penangkapan yang dilaksanakan olen penyidik KPK,” kata Dedi kepada IDN Times. 

Sementara itu, Kapolda Papua, Irjen Mathius D Fakhiri mengatakan, saat ini Gubernur Papua, Lukas Enembe dalam perjalanan menuju Jakarta menggunakan pesawat. 

Lukas dibawa ke Jakarta setelah ditangkap Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pada Selasa (10/1/2023) pagi.

Baca Juga: KPK Tangkap Gubernur Papua Lukas Enembe

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya