Tagar Jokowi Kabur Trending di Twitter, Pak Presiden ke Mana?

Tagar #JokowiKabur meramaikan linimasa Twitter pagi ini

Jakarta, IDN Times - Jagat dunia maya di Twitter diramaikan dengan tagar #JokowiKabur. Warganet menyayangkan sikap Presiden Joko "Jokowi" Widodo yang meninggalkan ibu kota saat rakyat menyuarakan isi hatinya kepada pemerintah.

Puncak aksi demo memprotes atas disahkannya UU Cipta Kerja rencananya akan dilaksanakan pada hari ini di depan Gedung DPR/MPR RI Senayan dan Istana Negara. Mereka tak hanya buruh, tapi juga mahasiswa, lembaga swadaya masyarakat, serta berbagai elemen aktivis lainnya.     

Sampai berita ini ditulis, tagar #JokowiKabur menduduki trending teratas dengan 19,3 tweets.

1. Jika tidak ingin menemui rakyat, Pak Jokowi seharusnya tetap berada di Istana

Tagar Jokowi Kabur Trending di Twitter, Pak Presiden ke Mana?Presiden Jokowi pimpin Upacara Peringatan HUT ke-75 TNI di Istana Negara (Youtube.com/Sekretariat Presiden)

Warganet menyesalkan sikap Presiden Jokowi yang disebut tidak menghadapi massa yang akan beraksi hari ini. Bahkan, seorang warganet menyarankan jika tidak ingin menemui rakyat setidaknya Jokowi tetap berada di Istana.

Berikut beberapa respons warganet di Twitter:

"Eloknya ya, menurut adab Jawa, jika sedang kedatangan 'tamu', ya Pak Presiden tidak malah 'nglungani', pergi, untuk menengok food estate di Kalteng. Walau ndak menemui para pendemo, minimal secara simbolis Pak Presiden ada di istana. Itu adabnya. Itulah fatsoen politik."

"Saat di demo.. Ke solo -> keluarga prioritas, rakyat belakangan. Lalu ke palangkaraya -> alasan kunker, rakyat yg lagi minta didengar dia abaikan. Yg masih berpikir dia kerja untuk rakyat, cek isi kepala dan kejiwaan kalian.. #JokowiBiangOmnibuslaw."

Baca Juga: Omnibus Law UU Cipta Kerja: Ambisi Jokowi Sejak Dilantik Presiden

2. Presiden Jokowi pergi ke Solo untuk ziarah

Tagar Jokowi Kabur Trending di Twitter, Pak Presiden ke Mana?Kunjungan Presiden Jokowi ke Jawa Tengah. www.presidenri.go.id

Diketahui sebelumnya, Presiden Jokowi bertolak ke Solo, Jawa Tengah. Jokowi disebut meninggalkan ibu kota sejak hari Rabu (7/10/2020) sore tadi. Dia dikabarkan baru tiba di Solo pada malam hari setelah melakukan perjalanan darat dari Yogyakarta.

Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono, membenarkan kunjungan Jokowi ke Solo itu. Dia mengatakan, orang nomor satu di Indonesia itu pergi ke Solo untuk berziarah ke makam kedua orangtua-nya.

"Malam ini ke Solo, nyekar. Lantas besok pagi (hari ini) kunjungan kerja ke Kalimantan Tengah," kata Heru saat dihubungi IDN Times, Rabu (7/10/2020).

3. Hari ini, Presiden Jokowi lakukan kunjungan kerja ke Kalimantan Tengah

Tagar Jokowi Kabur Trending di Twitter, Pak Presiden ke Mana?Aksi demo mahasiswa dan buruh di Serang, Banten untuk menolak Omnibus Law (ANTARA FOTO/Asep Fathulrahman)

Terkait kunjungan Jokowi ke luar kota ini, Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Bey Machmudin mengatakan bahwa rencana kunjungan kerja Presiden memang sudah dijadwalkan jauh-jauh hari.

Ia menyebut tak ada kaitannya dengan aksi unjuk rasa yang disebut akan menggeruduk Istana Kepresidenan jari ini.

"Jadi sama sekali tidak ada kaitan dengan aksi. Presiden memang concern kepada ketahanan pangan nasional. Jadi memang Presiden ingin meninjau langsung progres Food Estate ini," kata Bey saat dihubungi, Rabu (7/10/2020).

Baca Juga: Kominfo: Topik Massa Demo Omnibus Law ke Istana Jadi Peringkat Satu

Topik:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria
  • Septi Riyani

Berita Terkini Lainnya